Tol Solo Kertosono.

KARANGANYAR, Jowonews.com – Para pemudik dari arah Semarang-Yogjakarta yang hendak menuju Ngawi-Madiun sudah bisa melalui tol Solo Kertosono (Soker) ruas Solo-Ngawi. Hanya saja, pemudik diimbau untuk berhati-hati dan tidak memacu kendaraan lebih dari 60 kilometer per jam. Sebab tol Soker ruas Solo-Ngawi tersebut masih dalam tahap konstruksi.

“Karena masih tahap konstruksi pemudik diharpkan hati-hati. Ada beberapa titik yang jalurnya menyempit karena masih dalam tahap pengerjaan. Namun Solo-Ngawi sudah bisa difungsikan sebagai jalur alternatif,” tutur Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayatmo disela-sela pengecekan tol Soker ruas Solo-Ngawi pada Sabtu (17/6) sore. 

Selain itu, belum tersedianya penerangan jalan membuat jalur alternatif itu pun hanya dibuka mulai pukul enam pagi hingga pukul lima sore.

Selama arus mudik mulai 19 Juni hingga 26 Juni, tol Soker ruas Solo-Ngawi hanya dibuka satu arah yakni dari Barak ke Timur. Begitu pun sebaliknya, pada arus balik mulai 27 Juni hingga 2 Juli jalur alternatif itu dibuka satu arah dari Timur ke Barat.  Bagi pemudik dari arah Semarang yang hendak melalui jalur alternatif Solo-Nawi dapat masuk di pitu Ngasem. Sedamh dari arah Jogja melalui pintu Klodran.

David menjelaskan, pemudik dari Barat yang hendak menuju Sragen bisa keluar di Pungkruk (KM 35). Sedang bagi yang menuju Ngawi dan Madiun bisa keluar di Widodaren (KM 64).  Sepajang jalur alternatis Solo-Ngawi, pemudik juga dapat memanfaatkan fasilitas rest area yang terdapat di sejumlah titik diantaranya di KM 12, KM 21, KM 29, KM 46 dan KM 55. Selain terdapat fasilitas istirahat setiap rest area juga terdapat mushola dan toilet. Khusus di kilometer 21, pemudik bisa mengisi bahan bakar di kios Bahan Bakar Minyak yang disediakan Pertamina.

Selain itu, bagi pemudik yang membutuhkan informasi, terdapat lima posko informasi dan keamanan diantaranya terdapat di Ngasem, Klodran, Kebak, Pungkruk, Padaplang, dan Widodaren.  PT SNJ bekerjasama dengan stakeholder terkait juga menyiagakan ambulan dan mobil derek bagi pemudik yang mengalami masalah pada kendaraannya saat melintas di tol Soker ruas Solo-Ngawi.

Pemudik yang hendak melalui jalur tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Solo-Ngawi dapat beristirahat di sejumlah posko dan rest area yang terdapat di beberapa titik ruas tol Solo-Ngawi. Ada lima titik untuk beristirahat yang bisa dijumpai pemudik ketika melintas di ruas ini.

Untuk pemudik dari arah Semarang akan diarahkan menuju pintu tol Ngasem. Sedangkan pemudik dari arah Jogja diarahkan menuju pintu Klodran.  Di kedua pintu masuk tersebut, terdapat posko pengamanan di mana pemudik bisa beristirahat atau mencari informasi tentang rute mudik.

Rest area pertama di tol Solo-Ngawi ini terdapat di Kilometer 21. Di rest area ini, pemudik dapat mengisi bahan bakar di kios Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disediakan oleh Pertamina.

Rest area kedua, di Kilometer 21 dekat posko pintu keluar Kebak. Selanjutnya di pintu keluar di Pungkuk atau di kilometer 29 juga terdapat rest area untuk Istirahat. Rest area selanjutnya terdapat di Kilometer 46 tepat di posko Padaplang. Terakhir, rest area terdapat di Kilometer 55 sebelum posko Widodaren.

David mengatakan selain tempat beristirahat, di setiap rest area terdapat mushola dan tolilet. “Kami juga siagakan ambulans dan mobil derek jika ada kendaraan pemudik yang mengalami masalah di tengah perjalanan,” kata dia di sela-sela pengecekan tol Solo-Kertosono ruas Solo-Ngawi pada Sabtu (17/6) sore.

David menjelaskan pemudik dari barat yang hendak menuju Sragen bisa keluar di Pungkruk (KM 35). Sedangkan bagi yang menuju Ngawi dan Madiun bisa keluar di Widodaren (KM 64).

Dia mengungkapkan meski masih dalam tahap konstruksi, jalan Tol Soker ruas Solo-Ngawi sudah bisa difungsikan sebagai jalur alternatif arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Pada arus mudik nanti, jalur alternatif sepanjang 65 kilometer tersebut hanya akan dibuka satu arah dari Barat ke Timur mulai Senin (19/6). Pemudik dapat menggunakan jalur tersebut mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. (JWN3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here