Foto : ANTARA

SEMARANG, Jowonews.com – Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jateng melaporkan proyek rehabilitasi jembatan Pabelan di ruas Jl Tlatar-Talun, Kabupaten Magelang ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng.

Proses lelang proyek senilai Rp 7,2 miliar di Unit Layanan Pengadaa Kabupaten Magelang dinilai syarat KKN.

Hal itu disampaikan  Koordinator Monitoring Aparat Penegak Hukum KP2KKN Jateng, Eko Haryanto, Jumat (11/8).

“Berdasarkan pengaduan masyarakat kepada KP2KKN Jateng, kami menyampaikan laporan ke Kejati tentang adanya dugaan KKN dalam pelaksanaan lelang rehabilitasi jembatan Pabelan di ruas Jl Tlatar-Talun, Kabupaten Magelang. Proyek tahun anggaran 2017 ini nilainya Rp 7,2 miliar,” ungkapnya.

Eko Haryanto mengatakan, proses lelang a quo di Unit Layanan Pengaduan Pemkab Magelang sangat tidak transparan dan terbuka. Jadwal lelang selalu berubah-ubah, bahkan dibatalkan/digagalkan dengan alasan tidak ada penyedia yang lolos evaluasi dan pembuktian kualifikasi.

“Tapi mengapa sekarang tiba-tiba muncul nama pemenang lelang?,” katanya.

Berdasar fakta tersebut, diduga telah terjadi persekongkolan antara penyedia jasa dan kelompok kerja (Pokja).

“Diduga telah terjadi persekongkolan antara penyedia jasa dan kelompok kerja (Pokja), mengingat pemenang lelang adalah penawar yang mempunyai nilai penawaran tertinggi dan empat penawar di atasnya digugurkan,” tuturnya.

Disampaikan, dalam proses lelang a quo tersebut ada keganjilan. Dimana Pokja pada 17 Juli 2017 telah membuat surat pengumuman lelang gagal dengan alas an pembatalan lelang tidak ada penyedia yang lolos evaluasi dan pembuktian kualifikasi.

Kemudian pada 20 Juli 2017 tiba-tiba muncul pengumuman yang dikeluarkan Pokja yang menetapkan pemenang jasa yang mengajukan penawaran tertinggi sebagai pemenang lelang a quo.

“Dari kejanggalan proses lelang tersebut, kami menduga telah terjadi praktek KKN, persekongkolan, favoritism, permainan dalam proses pengadaan barang dan jasa antara Pokja Unit Layanan Pengadaan Pemkab Magelang dengan pihak pemenang lelang PT Wasis Karya Nugraha,” tukasnya.(jwn4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here