Accounting
StockSnap / Pixabay

Pengertian Akuntansi

Berikut penjelasan detail terkait pengertian akuntansi . Akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangain ditambah penyimpanan, pemilahan, pengambilan kembali, peringkasan, dan penyajian informasi dalam berbagai laporan dan analisis. Akuntansi juga merupakan profesi yang terdiri dari individu-individu yang memiliki pendidikan formal untuk melaksanakan tugas-tugas ini.

Salah satu bagian akuntansi berfokus pada penyajian informasi berupa laporan keuangan umum (neraca, laporan laba rugi, dll.) Kepada orang-orang di luar perusahaan. Laporan eksternal ini harus disiapkan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum yang sering disebut GAAP atau US GAAP. Bagian akuntansi ini disebut sebagai akuntansi keuangan.

pengertian akuntansi
StockSnap / Pixabay

Akuntansi juga memerlukan manajemen perusahaan dengan informasi yang dibutuhkan agar bisnis tetap sehat secara finansial. Analisis dan laporan ini tidak didistribusikan di luar perusahaan. Beberapa informasi akan berasal dari transaksi yang tercatat namun beberapa informasi akan menjadi perkiraan dan proyeksi berdasarkan berbagai asumsi. Tiga contoh analisis dan laporan internal adalah anggaran, standar untuk mengendalikan operasi, dan memperkirakan harga jual untuk mengutip pekerjaan baru. Bidang akuntansi ini dikenal sebagai akuntansi manajemen.

Bagian lain dari akuntansi melibatkan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang berkaitan dengan pelaporan pajak penghasilan.

Saat ini sebagian besar aspek pencatatan, penyimpanan, dan pemilahan akuntansi telah otomatis sebagai hasil kemajuan teknologi komputer

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Berikut pengertian akuntansi menurut 12 ahli.

1. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3) 
Mendeskripsikan Akuntansi adalah satu kegiatan layanan  untuk menyediakan info kuantitatif, khususnya yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberi ketetapan pilihan-pilihan yang logis di antara beragam aksi alternatif.

2. American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA) 
Menyebutkan kalau akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran dengan cara-cara spesifik dalam ukuran moneter, transaksi, serta beberapa peristiwa yang biasanya berbentuk keuangan termasuk juga menafsirkan hasil-hasilnya. serta meringkas lewat cara spesifik dalam ukuran fiskal, pertukaran serta peluang yang biasanya yang berbentuk moneter serta dalam menguraikan hasil.

3. American Acounting Association (AAA) 
Menyebutkan kalau akuntansi jadi sistem pengidentifikasian, pengukur serta memberikan laporan info ekonomi untuk sangat mungkin ada penilaian-penilaian, ketentuan yang pasti serta tegas untuk semuanya yang memakai info itu.

4. Charles T. Horngren, serta Walter T. Harrison (Horngren Harrison, 2007 : 4) 
Menyebutkan kalau : Akuntansi adalah system info yang mengukur kesibukan usaha, mengolah data jadi laporan, serta mengkomunikasikan akhirnya pada beberapa pengambil ketentuan.

5. Pengertian akuntansi menurut Warren dkk (2005 : 10)
Menyebutkan kalau : “secara umum, akuntansi bisa didefinisikan jadi system info yang hasilkan laporan pada pihak-pihak yang mempunyai urusan tentang kesibukan ekonomi serta keadaan perusahaan”.

6. Littleton (Muhammad, 2002 : 10) 
Menyebutkan : “tujuan paling utama dari akuntansi adalah untuk melakukan perhitungan periodik pada cost (usaha) serta hasil (prestasi). pengertian ini yaitu inti dari teori akuntansi serta adalah ukuran yang jadikan jadi referensi dalam pelajari akuntansi.

7. Rudianto 
Menyebutkan kalau akuntansi merupkan system info yang hasilkan laporan pada pihak-pihak yang mempunyai urusan tentang kesibukan ekonomi serta keadaan satu tubuh usaha.

8. Suparwoto L (1990 : 2)
Menyebutkan kalau akuntansi jadi satu sistem atau teknik untuk mengukur serta mengelola transaksi keuangan serta memberi hasil pengelolaan itu berbentuk info pada pihak-pihak intern serta ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terbagi dalam investor, creditur pemerintah, serikat buruh dan sebagainya.

9. Arnold 
Arnold mendefiniskani akuntansi dilihat jadi satu system untuk memberi info (terlebih keuangan) pada siapapun yang perlu buat ketentuan serta mengatur aplikasi ketentuan itu.

10. C. West Churman 
: “sebagai pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan ketentuan serta pengalaman yang tersusun bernilai untuk pembuatan pilihan.

11. Ikatan Akuntan Amerika 
Menyebutkan kalau Akuntansi adalah satu potongan, estimasi, serta pelaporan data keuangan, yang sangat mungkin satu penilaian serta pilihan buat yang pasti serta tegas untuk individu yang memakai data.

12. AbuBakar A, & Wibowo 
Menyebutkan Kalau Akuntansi adalah prosedur mengaku, pencatatan serta korespondensi bursa keuangan dari satu unsur atau organisasi.

Rangkuman nya bermakna akuntansi adalah system info yang memberi laporan pada pihak-pihak yang mempunyai urusan tentang aktivitas ekonomi serta keadaan perusahaanSebagai sistem pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan serta penginterpretasian hasil sistem itu.

Pengertian Akuntansi  Para Ahli
stevepb / Pixabay

Fungsi dan Bidang-Bidang Akuntansi

Pengertian akuntansi- Akuntansi seringkali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan yang berguna untuk memberikan informasi yang berupa data-data keuangan perusahaan yang dapat digunakan guna pengambilan keputusan. Setiap perusahaan memerlukan dua macam informasi  tentang perusahaannya yaitu informasi mengenai nilai perusahaan dan informasi tentang laba/rugi usaha. Kedua informasi tersebut berguna untuk:

  1. Mengetahui besarnya modal yang dimiliki perusahaan
  2. Mengetahui perkembangan ayau maju mundurnya perusahan
  3. Sebagai dasar untuk perhitunngan pajak
  4. menjelaskan keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lain
  5. Dasar untuk menentukan kebijakan yang akan ditempuh
  6. Menarik minat investor saham jika perusahaan berbentuk perseroan terbatas.
  7. Untuk memperoleh informasi-informasi tersebut diatas, pengusaha hendaknya mengadakan catatan yang teratur mengenai transaksi-transaksi yang dilakukan perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang.

Didalam ilmu akuntansi telah berkembang bidang-bidang khusus dimana perkembangan tersebut disebabkan oleh meningkatnya jumlah dan ukuran perusahaan serta peraturan pemerintah. Adapun bidang-bidang akuntansi yang telah mengalami perkembangan antara lain sebagai berikut:

  1. Akuntansi Keuangan (Financial atau General Accounting) menyangkut pencatatan transaksi-transaksi suatu perusahaan dan penyusunan laporan berkala dimana laporan tersebut dapat memberikan informasi yang berguna bagi manajemen, para pemilik dan kreditor.
  2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)  merupakan suatu bidang yang menyangkut pemeriksaan laporan-laporan keuangan melalui catatan akuntansi secara bebas yaitu laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kejujuran dan kebenarannya.
  3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting) merupakan bidang akuntansi yang menggunakan baik data historis maupun data data taksiran dalam membantu manajemen untuk merencanakan operasi-operasi dimasa yang akan datang.
  4. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) mencakup penyusunan laporan-laporan pajak dan pertimbangan tentang konsekuensi-konsekuensi dari transaksi-transaksi perusahaan yang akan terjadi.
  5. Akuntansi Budgeter (Budgetary Accounting) merupakan bidang akuntansi yang merencanakan operasi-operasi keuangan (anggaran) untuk suatu periode dan memberikan perbandingan antara operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi yang direncanakan.
  6. Akuntansi untuk Organisasi Nirlaba (Non profit Accounting) merupakan bidang yang mengkhususkan diri dalam pencatatan transaksi-transaksi perusahaan yang tidak mencari laba seperti organisasi keagamaan dan yayasan-yayasan sosial.
  7. Akuntansi Biaya (Cost Accounting) merupakan bidanng yang menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta pengendalian biaya tersebut yang pada umumnya terdapat dalam persahaan industri.
  8. Sistem Akuntansi (Accounting System) meliputi semua tehnik, metode dan prosedur untuk mencatat dan mengolah data akuntansi dalam rangka memperoleh pengendalian intern yang baik, dimana pengendalian intern merupakan suatu sistem pengendalian yang diperoleh dengan adanya struktur organisasi yang memungkinkan adanya pembagian tugas dan sumber daya manusia yang cakap dan praktek-praktek yangn sehat.
  9. Akuntansi Sosial (Social Accounting) merupakan bidang yang terbaru dalam akuntansi dan yang paling sulit untuk diterangkan   secara singkat, kerena menyangkut dana-dana kesejahteraan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here