Pengertian Website dan Sejarah Internet

  • Whatsapp
websiite
<a href="https://pixabay.com/users/FirmBee/">FirmBee</a> / Pixabay

Pengertian Website

Pada tulisan ini kami akan memberikan pengertian website secara lengkap dimulai dari apa itu website. Website atau situs web merupakan lokasi sentral dari berbagai halaman web yang semuanya terkait dan bisa diakses dengan mengunjungi beranda menggunakan browser. Misalnya, alamat situs web Computer Hope adalah https://www.computerhope.com. Gambar di sebelah kanan menunjukkan bagaimana situs web Hope Komputer terlihat di tahun 2011.

Situs (lokasi) di World Wide Web. Setiap situs web berisi beranda, yang merupakan dokumen pengguna pertama saat mereka masuk ke situs. Situs ini mungkin juga berisi dokumen dan file tambahan. Setiap situs dimiliki dan dikelola oleh individu, perusahaan atau organisasi.

Bacaan Lainnya

Cara membuka website

Untuk melihat situs web memerlukan browser (misalnya Internet Explorer, Edge, Safari, Firefox, atau Chrome). Misalnya, Anda membaca halaman web ini menggunakan browser. Setelah di browser, Anda bisa membuka situs web dengan memasukkan URL di address bar. Misalnya, mengetik “https://www.computerhope.com” membuka home page Computer Hope. Jika Anda tidak tahu URL situs web yang ingin Anda kunjungi, Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk mencari situs web di Internet.

Kapan situs pertama dibuat?

Situs pertama dibangun di CERN oleh Tim Berners-Lee dan online 6 August 1991. Anda dapat mengunjungi dan melihat-lihat situs web pertama di alamat http://info.cern.ch/.
Sejarah Internet.
Siapa yang menemukan internet?
Apa perbedaan antara situs web dan halaman web?

Sebuah situs web mengacu pada lokasi pusat yang berisi lebih dari satu halaman web atau serangkaian halaman web. Misalnya, Computer Hope dianggap sebagai situs web, yang berisi ribuan halaman web yang berbeda, termasuk halaman yang sedang Anda baca sekarang.
Alamat URL atau internet
Dalam contoh URL di atas, situsnya adalah computerhope.com dan halaman webnya adalah “url.htm” dan selalu menjadi bagian terakhir dari URL.
Siapa yang membuat situs web di Internet?

Setiap bisnis, pemerintah, atau orang dapat membuat situs web di Internet. Saat ini, Internet terdiri dari miliaran situs web yang dibuat oleh miliaran orang yang berbeda. Anda bahkan bisa membuat website atau blog di Internet.
Bagaimana memulai di HTML dan desain web.
Apa yang bisa Anda lakukan di situs web dan apa pengertian website secara sempit?

Di kebanyakan situs web, Anda membaca informasi yang terdapat di setiap halaman web, dan jika ada hyperlink yang menarik, Anda mengikuti tautan tersebut dengan mengkliknya untuk menemukan lebih banyak informasi atau untuk melakukan sebuah tugas. Anda juga dapat mendengarkan musik, menonton video, berbelanja, berkomunikasi, dan banyak lagi di banyak situs web.
Apa yang harus dilakukan saat bosan di internet?
Haruskah saya menggunakan situs web atau situs web saat menulis?

Kedua versi tersebut secara teknis benar. Namun, kebanyakan panduan gaya menyarankan situs web (satu kata), bukan situs web dalam semua bentuk tulisan.

Seperti bidang pengetahuan lainnya, web dilengkapi dengan banyak jargon. Jangan khawatir, kami tidak akan membanjiri Anda dengan semua itu (kami memiliki daftar istilah jika Anda penasaran). Namun, ada beberapa istilah dasar yang perlu Anda pahami sejak awal, karena Anda akan sering mendengar ungkapan ini sepanjang waktu saat Anda membaca. Sangat mudah untuk membingungkan istilah-istilah ini kadang-kadang, karena mereka mengacu pada fungsi yang terkait namun berbeda. Sebenarnya, terkadang Anda akan melihat istilah-istilah ini disalahgunakan dalam laporan berita dan di tempat lain, sehingga membuat mereka tercampur-baur dapat dimengerti!

Kami akan membahas istilah dan teknologi ini secara lebih rinci saat kami mengeksplorasi lebih jauh, namun definisi cepat ini akan menjadi awal yang baik untuk Anda:

halaman web
Dokumen yang bisa ditampilkan di browser web seperti Firefox, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer atau Edge, atau Apple’s Safari. Ini juga sering disebut “halaman web” atau hanya “halaman”.
situs web
Kumpulan halaman web yang dikelompokkan bersama dan biasanya saling terhubung dalam berbagai cara. Sering disebut “situs web” atau hanya “situs”.
server web
Komputer yang menghosting situs web di Internet.
mesin pencari
Sebuah situs web yang membantu Anda menemukan halaman web lainnya, seperti Google, Bing, atau Yahoo.
Mari kita lihat sebuah analogi sederhana – perpustakaan umum. Inilah yang biasanya Anda lakukan saat mengunjungi perpustakaan:

Temukan indeks pencarian dan cari judul buku yang anda inginkan.
Pergi ke bagian tertentu yang berisi buku dan mendapatkannya.
Mari bandingkan perpustakaan dengan server web:

Perpustakaannya seperti web server. Ini memiliki beberapa bagian, yang mirip dengan server web yang menghosting beberapa situs web.
Bagian yang berbeda (sains, matematika, sejarah, dll.) Di perpustakaan seperti situs web. Setiap bagian seperti situs web unik (dua bagian tidak berisi buku yang sama).
Buku-buku di bagiannya seperti halaman web. Satu situs web mungkin memiliki beberapa laman web, mis. Bagian Ilmu Pengetahuan (situs web) akan memiliki buku tentang panas, suara, termodinamika, statika, dll. (halaman web).
Indeks pencarian seperti mesin pencari. Setiap buku memiliki lokasinya yang unik di perpustakaan (dua buku tidak dapat disimpan di tempat yang sama) seperti bagian, nomor rak, rak, dll.
Demikian pula, halaman web juga memiliki alamat yang unik. Alamat unik ini digunakan untuk mengambil halaman web dari server web dengan mengetikkan alamat di bilah alamat browser web (Mozilla Firefox, Safari, Google chrome, dll.).

Active Learning

Belum ada pembelajaran aktif yang tersedia. Tolong, pertimbangkan untuk berkontribusi.

Menyelam lebih dalam

Jadi, mari kita gali lebih dalam bagaimana empat istilah itu terkait dan mengapa terkadang mereka saling bingung.

halaman web
Sebuah halaman web adalah dokumen sederhana yang dapat ditampilkan oleh browser. Dokumen tersebut ditulis dalam bahasa HTML (yang kita lihat secara lebih rinci pada artikel lainnya). Sebuah halaman web dapat menanamkan berbagai jenis sumber daya yang berbeda seperti:

informasi gaya – mengendalikan tampilan dan nuansa halaman
skrip – yang menambahkan interaktivitas ke halaman
media – gambar, suara, dan video.
Catatan: Browser juga dapat menampilkan dokumen lain seperti file PDF atau gambar, namun istilah halaman web secara khusus mengacu pada dokumen HTML. Kalau tidak kita hanya menggunakan istilah dokumen.
Semua halaman web yang tersedia di web dapat diakses melalui alamat yang unik. Untuk mengakses halaman, ketik saja alamatnya di bilah alamat browser Anda:

Contoh alamat halaman web di address bar browser

Sebuah situs web adalah kumpulan halaman web terkait (ditambah sumber daya terkait) yang berbagi nama domain yang unik. Setiap halaman web dari situs web tertentu menyediakan tautan eksplisit – sebagian besar waktu dalam bentuk bagian teks yang dapat diklik – yang memungkinkan pengguna berpindah dari satu halaman situs ke situs lainnya.

Untuk mengakses situs web, ketik nama domainnya di bilah alamat browser Anda, dan browser akan menampilkan halaman web utama situs web, atau homepage (dengan santai disebut “rumah”):

Contoh nama domain situs web di address bar browser

halaman web dan website sangat mudah membingungkan bila sebuah situs web hanya berisi satu halaman web. Situs web semacam itu terkadang disebut situs web satu halaman.

pengertian website
JOSBORNE_ / Pixabay

Server web
Server web adalah komputer yang menghosting satu atau lebih situs web. “Hosting” berarti semua halaman web dan file pendukungnya tersedia di komputer itu. Web server akan mengirimkan halaman web dari situs web yang dihosting ke browser pengguna manapun, sesuai permintaan pengguna.termasuk penjelasan pengertian load balancing

Jangan membingungkan situs web dan server web. Misalnya, jika Anda mendengar seseorang mengatakan, “Situs web saya tidak merespons”, itu sebenarnya berarti server web tidak merespons dan oleh karena itu situs web tidak tersedia. Lebih penting lagi, karena server web dapat meng-host beberapa situs web, istilah server web tidak pernah digunakan untuk menunjuk situs web, karena dapat menyebabkan kebingungan besar. Dalam contoh sebelumnya, jika kami mengatakan, “Server web saya tidak merespons”, artinya tidak ada situs web di server web yang tersedia.

Mesin pencari
Mesin pencari adalah sumber kebingungan umum di web. Mesin pencari adalah jenis situs khusus yang membantu pengguna menemukan halaman web dari situs-situs lain.

Sejarah Internet

Internet telah merevolusi dunia komputer dan komunikasi seperti sebelumnya. Penemuan telegraf, telepon, radio, dan komputer mengatur panggung untuk integrasi kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Internet sekaligus merupakan kemampuan penyiaran di seluruh dunia, mekanisme penyebaran informasi, dan media untuk kolaborasi dan interaksi antara individu dan komputer mereka tanpa memperhatikan lokasi geografis. Internet merupakan salah satu contoh paling sukses dari keuntungan investasi dan komitmen berkelanjutan terhadap penelitian dan pengembangan infrastruktur informasi. Dimulai dengan penelitian awal tentang packet switching, pemerintah, industri dan akademisi telah menjadi mitra dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi baru yang menarik ini. Hari ini, istilah seperti “[email protected]” dan “http://www.acm.org” berjalan dengan ringan dari lidah orang acak di jalan. 1

Ini dimaksudkan untuk menjadi sejarah singkat, harus sepintas dan tidak lengkap. Banyak materi yang ada saat ini tentang Internet, meliputi sejarah, teknologi, dan penggunaan. Sebuah perjalanan ke hampir semua toko buku akan menemukan rak-rak materi yang ditulis tentang Internet. 2

Dalam tulisan ini, 3 beberapa dari kita terlibat dalam pengembangan dan evolusi internet berbagi pandangan kita tentang asal-usul dan sejarahnya. Sejarah ini berkisar pada empat aspek yang berbeda. Ada evolusi teknologi yang dimulai dengan penelitian awal mengenai packet switching dan ARPANET (dan teknologi terkait), dan dimana penelitian saat ini terus memperluas cakrawala infrastruktur sepanjang beberapa dimensi, seperti skala, kinerja, dan fungsionalitas tingkat lebih tinggi. Ada aspek operasi dan manajemen dari infrastruktur operasional global dan kompleks. Ada aspek sosial, yang menghasilkan komunitas luas Internaut yang bekerja sama untuk menciptakan dan mengembangkan teknologinya. Dan ada aspek komersialisasi, yang menghasilkan transisi hasil penelitian yang sangat efektif menjadi infrastruktur informasi yang tersebar luas dan tersedia.
Internet saat ini adalah infrastruktur informasi yang tersebar luas, prototipe awal dari apa yang sering disebut Infrastruktur Informasi Nasional (atau Global atau Galaksi). Sejarahnya rumit dan melibatkan banyak aspek – teknologi, organisasi, dan masyarakat. Dan pengaruhnya tidak hanya menjangkau bidang teknis komunikasi komputer tapi juga di seluruh masyarakat saat kita bergerak menuju peningkatan penggunaan alat online untuk mencapai perdagangan elektronik, akuisisi informasi, dan operasi masyarakat.

Asal dari Internet

Deskripsi pertama dari interaksi sosial yang bisa diaktifkan melalui jejaring adalah serangkaian memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider MIT pada bulan Agustus 1962 membahas konsep “Galactic Network” -nya. Dia membayangkan seperangkat komputer yang saling terhubung secara global dimana semua orang dapat dengan cepat mengakses data dan program dari situs manapun. Semangatnya, konsepnya sangat mirip dengan internet saat ini. Licklider adalah kepala pertama program penelitian komputer di DARPA, 4 yang dimulai pada bulan Oktober 1962. Sementara di DARPA dia meyakinkan penggantinya di DARPA, Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti MIT Lawrence G. Roberts, tentang pentingnya konsep jaringan ini. .

Leonard Kleinrock di MIT menerbitkan makalah pertama tentang teori packet switching pada bulan Juli 1961 dan buku pertama tentang masalah ini pada tahun 1964. Kleinrock meyakinkan Roberts tentang kelayakan teoritis komunikasi dengan menggunakan paket daripada sirkuit, yang merupakan langkah besar sepanjang jalan menuju komputer. jaringan. Langkah kunci lainnya adalah membuat komputer berbicara bersama. Untuk menjelajahinya, pada tahun 1965 bekerja dengan Thomas Merrill, Roberts menghubungkan komputer TX-2 dalam Misa ke Q-32 di California dengan saluran telepon dial-up berkecepatan rendah yang menciptakan jaringan komputer area luas (kecil sekalipun) yang pernah ada. dibangun di. Hasil dari percobaan ini adalah kesadaran bahwa komputer bersama waktu dapat bekerja sama dengan baik, menjalankan program dan mengambil data seperlunya pada mesin remote, namun sistem telepon circuit switched sama sekali tidak memadai untuk pekerjaan itu. Keyakinan Kleinrock tentang perlunya packet switching dikonfirmasi.

Pada akhir 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat menyusun rencananya untuk “ARPANET”, mempublikasikannya di tahun 1967. Pada konferensi di mana dia mempresentasikan makalahnya, ada juga sebuah makalah mengenai konsep jaringan paket dari Inggris oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury memberi tahu Roberts tentang pekerjaan NPL dan juga Paul Baran dan yang lainnya di RAND. Kelompok RAND telah menulis sebuah makalah tentang jaringan packet switching untuk mendapatkan suara yang aman di militer pada tahun 1964. Kejadian itu terjadi di MIT (1961-1967), di RAND (1962-1965), dan pada NPL (1964-1967) telah Semua berjalan paralel tanpa ada yang mengetahui tentang pekerjaan lain. Kata “paket” diadopsi dari hasil kerja di NPL dan kecepatan garis yang diusulkan untuk digunakan dalam desain ARPANET ditingkatkan dari 2,4 kbps menjadi 50 kbps. 5

Pada bulan Agustus 1968, setelah Roberts dan komunitas yang didanai DARPA telah memperbaiki keseluruhan struktur dan spesifikasi untuk ARPANET, sebuah RFQ diluncurkan oleh DARPA untuk pengembangan salah satu komponen utama, packet switch yang disebut Interface Message Processors (IMP’s). RFQ dimenangkan pada bulan Desember 1968 oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Frank Heart di Bolt Beranek dan Newman (BBN). Sebagai tim BBN bekerja di IMP’s dengan Bob Kahn memainkan peran utama dalam keseluruhan desain arsitektur ARPANET, topologi jaringan dan ekonomi dirancang dan dioptimalkan oleh Roberts bekerja dengan Howard Frank dan timnya di Network Analysis Corporation, dan sistem pengukuran jaringan disiapkan oleh tim Kleinrock di UCLA. 6

Karena pengembangan awal dari teori packet switching Kleinrock dan fokusnya pada analisis, perancangan dan pengukuran, Pusat Pengukuran Jaringannya di UCLA dipilih untuk menjadi simpul pertama di ARPANET. Semua ini terjadi pada bulan September 1969 ketika BBN memasang IMP pertama di UCLA dan komputer host pertama terhubung. Proyek Doug Engelbart tentang “Augmentation of Human Intellect” (termasuk NLS, sistem hypertext awal) di Stanford Research Institute (SRI) menyediakan simpul kedua. SRI mendukung Pusat Informasi Jaringan, dipimpin oleh Elizabeth (Jake) Feinler dan termasuk fungsi seperti memelihara tabel nama host untuk memenuhi pemetaan serta direktori RFC’s.

Satu bulan kemudian, ketika SRI terhubung dengan ARPANET, pesan host-to-host pertama dikirim dari laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua simpul lagi ditambahkan di UC Santa Barbara dan University of Utah. Dua node terakhir ini menggabungkan proyek visualisasi aplikasi, dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB menyelidiki metode untuk menampilkan fungsi matematika dengan menggunakan display penyimpanan untuk mengatasi masalah penyegaran di atas jaring, dan Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah menyelidiki metode 3 -D representasi atas net. Jadi, pada akhir 1969, empat komputer host dihubungkan bersama ke ARPANET awal, dan internet pemula mulai digantikan. Bahkan pada tahap awal ini, perlu dicatat bahwa penelitian jaringan menggabungkan keduanya bekerja pada jaringan yang mendasarinya dan bekerja mengenai bagaimana memanfaatkan jaringan. Tradisi ini berlanjut sampai hari ini.
Komputer ditambahkan dengan cepat ke ARPANET selama tahun-tahun berikutnya, dan pekerjaan melanjutkan penyempurnaan protokol Host-to-Host fungsional dan perangkat lunak jaringan lainnya. Pada bulan Desember 1970, Network Working Group (NWG) yang bekerja di bawah S. Crocker menyelesaikan protokol Host-to-Host ARPANET awal, yang disebut Network Control Protocol (NCP). Saat situs ARPANET menyelesaikan penerapan NCP selama periode 1971-1972, pengguna jaringan akhirnya bisa mulai mengembangkan aplikasi.

Pada bulan Oktober 1972, Kahn mengadakan demonstrasi ARPANET yang besar dan sangat sukses di Konferensi Komunikasi Komputer Internasional (ICCC). Ini adalah demonstrasi publik pertama dari teknologi jaringan baru ini kepada publik. Pada tahun 1972 juga diperkenalkan aplikasi “hot” awal, surat elektronik, diperkenalkan. Pada bulan Maret Ray Tomlinson di BBN menulis pesan email dasar yang mengirim dan membaca perangkat lunak, termotivasi oleh kebutuhan pengembang ARPANET untuk mekanisme koordinasi yang mudah. Pada bulan Juli, Roberts memperluas kegunaannya dengan menulis program utilitas email pertama yang akan daftar, selektif membaca, mengajukan, meneruskan, dan menanggapi pesan. Dari situlah email lepas landas sebagai aplikasi jaringan terbesar selama lebih dari satu dekade. Ini adalah pertanda jenis kegiatan yang kita lihat di World Wide Web hari ini, yaitu, pertumbuhan yang sangat besar dari semua jenis lalu lintas “orang-ke-orang”.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *