KPU: Semua Parpol di Kudus Miliki Anggota Ganda

  • Whatsapp

KUDUS, Jowonews.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menemukan keanggotaan ganda di semua partai politik setelah pihaknya memverifikasi administrasi salinan keanggotan 14 partai politik di daerah itu.

“Keanggotaan ganda tersebut sebagian ada yang ganda secara internal dan eksternal,” kata Ketua KPU Kabupaten Kudus Moh Khanafi didampingi anggota KPU Kudus Naily Syarifah di Kudus, Senin (30/10).

Ia menjelaskan bahwa keanggotaan ganda internal adalah nama salah satu anggota parpol berada di dua tempat dengan kecamatan yang berbeda.

Adapun ganda eksternal, kata dia, ketika salah satu nama anggota parpol tertentu ternyata namanya juga ditemukan di parpol lainnya. Bahkan, ada nama keanggotaan parpol yang dalam menyerahkan berkasnya dinyatakan tidak lengkap, ternyata juga tercatat di parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU Kabupaten Kudus.

Untuk anggota parpol yang diduga masih berstatus pegawai negeri sipil (PNS), guna memastikan kebenarannya, kata dia, menunggu hasil pengecekan oleh tim KPU Kabupaten Kudus secara tuntas karena ditemukan hanya status yang tertulis di KTP.

Dalam melakukan verifikasi administrasi tersebut, kata dia, terdapat lima tim untuk menangani 14 partai politik yang menyerahkan salinan keanggotannya ke KPU Kabupaten Kudus.”Masing-masing tim ada yang menangani dua hingga tiga parpol sekaligus,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, jumlah dugaan keanggotaan ganda di semua parpol belum dijumlah seluruhnya karena masing-masing tim belum menyampaikan laporannya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *