Laporan Kasus Dana Desa Capai 10.000

  • Whatsapp
ilustrasi

KUPANG, Jowonews.com – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) Eko P Sandjojo mengatakan sudah ada sekitar 10 ribu kasus dana desa yang telah diterimanya selama tahun 2017 ini.

“Partisipasi masyarakat untuk melaporkan berbagai kasus penyelewengan dana desa sangat bagus. Hal ini terbukti dengan sampai saat ini ada sekitar 10 ribu kasus dana desa yang dilaporkan oleh masyarakat kepada kami pasca dibentuknya Satgas Dana Desa,” katanya kepada wartawan di Kupang, Selasa (31/10).

Ia mengatakan laporan tersebut terkumpul dalam empat bulan terakhir. Namun kasus-kasus yang dilaporkan bukan hanya pada masalah penyelewengan dana desa, tetapi ada juga yang melaporkan soal masih belum tahu program tersebut.

Tetapi juga laporan yang menyatakan bahwa ada kepala desa yang dikriminalisasi tentang pemanfaatan dana desa serta adanya laporan masyarakat tentang potensi penyelewengan dana desa tersebut di beberapa daerah.

Saat ini lanjutnya partisipasi masyarakat dalam hal pemanfaatan dana desa makin tinggi. Apalagi dengan adanya MoU antara gereja dan Kemendes PDTT serta ada juga MoU antara pesantren dengan Kemendes PDTT dan organisasi-organisasi.

Terlibatnya organisasi-organisasi, pesantren serta gereja sebenarnya bukan untuk mempersulit tugas kepala desa tetapi justru ingin mengajak partisipasi masyarakat supaya ikut dalam perencanaan serta pengawalan dana tersebut sehingga tak terjadi penyelewengan atau mungkin memperkecil kasus penyelewengan,” ujarnya.

Ia mengaku bahwa kasus penyelewengan dana desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur ada. Namun berapa jumlah kasus yang telah dilaporkan kepada Satgas dirinya belum mengetahuinya.

“Saya lupa datanya. Tetapi untuk NTT ada kasus dugaan penyelewengan dana desa. Nanti akan saya cek lagi,” tuturnya.

Masyarakat diminta jangan segan-segan untuk melaporkan adanya indikasi penyelewengan dana desa di setiap daerah.

Sebab satgas yang sudah dibentuk mempunyai tugas untuk menindak kepala desa-kepala desa yang menyelewengkan dana desa tersebut.

“Lapor ke Satgas Dana desa jika ada penyelewengan dana desa tersebut dengan menghubungi 1500040. Dalam waktu tiga kali 24 jam satgas akan turun,” kata Eko.(jwn4/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *