Pekalongan Optimistis Capai 100 Persen Target Pajak

  • Whatsapp
ilustrasi

PEKALONGAN, Jowonews.com — Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyatakan optimistis target pajak dan restribusi sebesar Rp53 miliar akan tercapai 100 persen karena hingga awal November 2017 sudah mencapai 92 persen.

Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan Badan Keuangan Daerah Kota Pekalongan, Siswanto mengatakan bahwa beberapa sektor pajak yang sudah terlampaui targetnya antara lain parkir mengalami surplus 2 persen serta pajak bumi dan bangunan (PBB) surplus 1 persen.

“Pada 2017 ini, pajak parkir sudah mencapai Rp371,1 juta dari target Rp365 juta. Adapun realisasi PBB mencapai Rp11,9 miliar dari target Rp11,7 miliar,” katanya di Pekalongan, Sabtu (4/11).

Ia mengatakan sejumlah sektor pajak yang belum sepenuhnya terealisasi antara lain biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) dari target Rp10,5 miliar kini masih tercapai Rp8,4 miliar, pajak hotel dari target Rp4,7 miliar sudah tercapai Rp4,4 miliar.

Kemudian, pajak restoran dan kafe dengan dari target Rp5,2 miliar kini sudah tercapai Rp5,1 miliar, pajak reklame dengan target Rp1,4 miliar kini tercapai Rp1,1 miliar, pajak penerangan jalan dengan target Rp18,9 miliar kini tercapai Rp16,3 miliar, dan pajak air tanah dengan target Rp285 juta kini tercapai Rp243 juta.

“Dengan capaian pajak tersebut, kami optimistis target pajak 2017 sebesar Rp53 miliar akan terlampaui sebelum akhir Desembar mendatang,” katanya.

Ia mengaku saat ini masih ada sejumlah rumah makan yang belum taat membayar pajak retsoran sesuai peraturan daerah (perda) yaitu sebesar 10 persen.

Ketidaktaatan pengelola tidak taat membayar pajak tersebut, kata dia, antara lain pajak yang ditarik dari konsumen belum mencapai 10 persen atau pajak yang disetorkan ke pemkot tidak 10 persen.

“Kami membutuhkan monitoring dan pemeriksaan pajak agar yang dipungut dan disetorkan sama. Kami akan membuat tim khusus yang bertugas memberikan sosialisasi pada pemilik restoran supaya mengikuti perda yang berlaku,” katanya. (jwn5/ant)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *