Presiden Serahkan SK Hutan Sosial di Boyolali

  • Whatsapp

BOYOLALI, Jowonews.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan surat keputusan (SK) Hutan Sosial kepada 1.685 kepala keluarga di Jawa Tengah di Dukuh Wonolestari, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Sabtu (4/11).

Presiden didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menyerahkan SK izin pemanfaatan hutan selama 35 tahun dengan lahan seluas 1.890 hektare untuk 1.685 KK masyarakat dekat hutan di wilayah Boyolali dan Pemalang Jateng.

Presiden mengatakan hal tersebut kenapa penting karena status hukumnya jelas sudah diberikan izin pemanfaatan hutan selama 35 tahun. Lahan ini dapat dimanfaatkan ditanami tanaman jagung, kayu putih, jenis palawija.

Namun, Presiden mengingatkan jika petani sudah diberikan SK hutan sosial seperti ini, jika ditelantarkan atau dibiarkan begitu saja akan diambil lagi oleh Pemerintah.

Presiden meminta tolong masyarakat harus produktif dengan ditanami yang bermanfaat jangan dibiarkan lahannya menganggur. “Saya berjanji satu tahun lagi akan saya cek satu per satu ke lapangan baik di Boyolali maupun di Pemalang. Apakah bermanfaat atau tidak, menyejahterakan atau tidak, dan menjadikan pendapatannya naik atau tidak nanti saya cek,” kata Presiden.

Menurut Presiden, petani harus memanfaatkan lahan dengan baik, dan bekerja keras untuk menambah penghasilan yang dapat menyejahterakan. “Saya ingin yang nyata, dan konkret yang bisa memberikan efek kesejahteraan kepada masyarakat,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *