SEMANGAT PERSATUAN. Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi saat jumpa pers temu kebangsaan di Purworejo, MInggu (12/11). (Foto; JWN3)

PURWOREJO, Jowonews.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah Rukma Setyabudi menyerukan semangat persatuan dalam kegiatan sepeda santai atau gowes dengan tema “Temu Kebangsaan” dan Deklarasi Kebangsaan Minggu (12/11/2017) di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jateng.

“Dengan bersatu dan bergotong royong maka Indonesia akan semakin kuat dan maju. Terlebih Jawa Tengah merupakan benteng Pancasila. Sehingga meskipun masyarakat terdiri dari beragam agama, suku, ras, dan lainnya, tetapi selalu hidup rukun, damai, dan saling menghormati,”jelasnya kepada wartawan.

Dia mengatakan bahwa dengan agenda “gowes” atau sepeda santai yang melibatkan masyarakat bersama para pejabat itu, diharapkan kebersanaan dan kerukunan senantiasa terjaga. Para pemangku kepentingan paham mengenai apa yang dibutuhkan rakyat.

“Kita atau siapapun yang jadi pejabat menjadi lebih dekat dengan masyarakat, sehingga bisa mengayomi dan menjaga ketenteraman bersama,”tukasnya.

Lebih lanjut, politisi PDIP ini menegaskan bahwa komitmen bersama tersebut adalah menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI, sehingga dengan kegiatan sepeda santai tersebut, dia berharap persatuan dalam keberagaman tersebut bisa tercapai.

“Komitmen kita bersama menjaga Pancasila, NKRI harga mati, kita bersama untuk bersepeda santai, kebersamaan itu menjadi seterusnya. Apa yang diinginkan oleh rakyat kita lebih dekat. saya ucapkan selamat bersepeda santai, hati-hati di jalan dan pulang selamat ke rumah masing-masing,”pungkasnya.

Senada dengan Rukma, Sekda Jateng Sri Puryono saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa salah satu faktor penting dalam pembangunan daerah adalah stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Jika masyarakat hidup tentram, guyub, dan rukun pemerintah dapat melaksanakan pembangunan dengan lancar.

“Demikian pula sebaliknya, kalau masyarakat tidak rukun, pemerintah akan repot dan program-program pemerintah tidak terlaksana, dan meski Jateng relatif kondusif, kewaspadaan harus terus ditingkatkan. Sebab potensi atas gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selalu ada, terutama gangguan radikalisme dan terorisme,”ujarnya.

Dalam kegiatan gowes kebangsaan tersebut, ribuan peserta dari seluruh Jateng menyusuri jalan protokol di Kabupaten Purworejo hingga berakhir di Pantai Jatimalang Purworejo dengan jarak tempuh 30 kilometer.

Di Pantai Jatimalang, para peserta juga dihibur dengan berbagai sajian musik dengan bintang tamu “NDX AXA Familia” dan sejumlah door prize. Selain itu, juga digelar deklarasi kebangsaan dengan penandatanganan oleh para peserta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono, Pimpinan DPRD Jateng, Bupati Purworejo Agus Bastian, jajaran Forkopimda Kabupaten Purworejo dan ribuan tokoh masyarakat. (Adv/JWN3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here