JAKARTA, Jowonews.com – Politikus senior Amien Rais datang ke persidangan Buni Yani di Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Selasa (14/11), untuk memberi dukungan kepada terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) itu.

Amien masuk ke ruang sidang sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelum memasuki ruang sidang, Amien sempat berpidato di hadapan massa pendukung Buni Yani yang berunjuk rasa di luar gedung.

“Saya ingin mengajak kita semua terutama yang beragama Islam untuk membela Buni Yani yang menurut kita mendapatkan kriminalisasi,” ujar Amien.

Ia pun berharap majelis hakim yang diketuai M Saptono untuk menjatuhkan putusan seadil-adilnya. Meski begitu, ia juga mengajak massa untuk menerima segala putusan yang nanti akan dijatuhkan.

“Jika tidak pun masih ada usaha banding, tapi yang jelas kita percaya kalau datang kebenaran maka ketidakadilan akan sirna,” katanya.

“Jadi, kita berdoa mudah-mudahan usaha kita membela Buni Yani dikabulkan Allah SWT. Selanjutnya kita rawat dan jaga negeri ini bersama, kita jaga persatuan, umat harus bersatu jangan mau dipecah belah,” tambah mantan Ketua MPR RI itu.

Selain Amien Rais, hadir pula pengacara sekaligus penasihat Presidium Alumni 212 Eggi Sudjana dan anggota DPD RI Fahira Idris. Sementara, Sri Bintang Pamungkas, Fadli Zon, dan Aa Gym yang dikabarkan akan hadir belum tampak di persidangan.

Jaksa penuntut umum (JPU) yang diketuai Andi M Taufik menuntut Buni Yani dua tahun penjara. Selain itu terdakwa juga dikenakan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan kurungan.

Menurut Andi, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 32 ayat 1 jo pasal 48 ayat 1 Undang-undang RI nomor 11/2008 tentang ITE jo Undang-undang RI nomor 19/2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11/2008 tentang ITE.

Dalam sidang kali ini, polisi menerapkan pengamanan berlapis. Sekitar 1.032 personel dari pasukan anti huru hara, Brimob, dan jajaran kepolisian lainnya diturunkan dalam pengamanan sidang.

“Pola pengamanan sendiri, kita terapkan empat ring,” ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo di Bandung, Selasa (14/11).

Adapun empat ring tersebut terdiri dari di ruang sidang, gedung, halaman depan, dan jalur lalu lintas di sekitar gedung sidang. Sementara para pendukung Buni Yani datang ke lokasi sidang untuk menyampaikan dukungan.(jwn4/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here