ilustrasi

KUDUS, Jowonews.com — Semua partai politik yang ada di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami pengurangan jumlah anggota, menyusul ditemukannya anggota ganda dan kesalahan administrasi ketika dilakukan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Dari 14 parpol di Kudus, tercatat ada dua Parpol yang diperkirakan mengalami pengurangan jumlah anggota cukup banyak, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Garuda,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus Moh Khanafi didampingi Anggota KPU Divisi Hukum Naili Syarifah di Kudus, Selasa (14/11).

Khusus untuk PAN, kata dia, sesuai data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) jumlah anggotanya mencapai 2.195 orang, namun setelah diverifikasi faktual ternyata ada 1.330 anggota ganda internal.

Sementara 800 anggota, kata dia, sesuai data di Sipol mengalami kesalahan dalam menginput nomor kartu tanda anggota (KTA) karena tidak lengkap, sehingga masuk kategori tidak memenuhi syarat.

“Untuk kepastiannya, tentu menunggu rapat pleno yang akan digelar Selasa (14/11) malam, termasuk parpol lainnya apakah jumlah anggota yang memenuhi syarat sudah memenuhi batas minimal atau belum,” ujarnya.

Ia memperkirakan, kedua parpol tersebut tidak memenuhi syarat minimal keanggotaan partai di Kabupaten Kudus sebanyak 832 orang. Parpol lainnya yang diduga mengalami nasib serupa, yakni PKB, serta PSI.

Sementara parpol lain yang diperkirakan bisa memenuhi syarat minimal keanggotaan meskipun mengalami pengurangan, yakni PPP, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Perindo dan PKS. “Parpol lain yang memiliki jumlah anggota cukup banyak tentu peluang memenuhi syarat minimal bisa tercapai,” ujarnya. (jwn5/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here