PURWOKERTO, Jowonews.com — Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) setempat akan segera menggelar festival durian di Alun-Alun Kecamatan Banyumas, 9-10 Desember 2017.

“Festival durian akan menjadi ‘event’ untuk memperkenalkan dan memromosikan produk durian unggulan Banyumas ke pasar lokal maupun regional. Kami akan menghadirkan berbagai jenis durian lokal Banyumas dalam kegiatan tersebut,” kata Kepala Dinpertan KP Banyumas Widarso di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (7/12).

Ia mengharapkan melalui kegiatan tersebut akan tercipta forum antara pihak yang berkompeten dan menekuni atau yang berkecimpung di bidang agribisnis durian untuk bersama sama meningkatkan kualitas durian lokal serta membuka peluang pasar dengan menjalin jejaring usaha.

Sementara bagi pecinta durian, kata dia, bisa melihat, memilih, dan membeli langsung berbagai jenis durian lokal yang berkualitas tinggi dari petani.

Dia mengatakan dalam festival tersebut tidak ada acara makan durian sepuasnya, namun bisa melakukan transaksi berbagai jenis durian yang dipamerkan dengan harga yang lebih kompetitif.

“Kami mengundang para petani dan kelompok tani durian yang ada di Banyumas untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut,” katanya.

Kepala Seksi Hortikultura Dinpertan KP Banyumas Iin Dwi Sulityatik mengatakan festival durian yang di dalamnya terdapat lomba durian akan dijadikan sebagai sarana menjaring buah durian lokal yang mempunyai kualitas tinggi dan baik secara ekonomi.

Dia mencontohkan durian kualitas kromo yang ada di Banyuma telah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman dari Kementerian Pertanian.

“Keunggulannya (kualitas kromo, red.) ukuran buah besar, rata-rata 3 kilogram, bahkan ada yang mencapai 7 kilogram. Selain itu, dagingnya tebal, berwarna oranye, rasa manis, kesat, aroma tidak terlalu tajam, dan telah dilepas menjadi varietas unggul nasional,” katanya. (jwn5/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here