Menlu: ASEAN-India Harus Perkuat Kerjasama Ekonomi dan Maritim

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan bahwa ASEAN dan India harus bekerja sama untuk memperkuat arsitektur regional Indo-Pasifik dan kerja sama ekonomi serta maritim di kawasan.

“Kemitraan ASEAN-India perlu memperkuat arsitektur regional di Indo-Pasifik serta meningkatkan kerja sama ekonomi,” kata Menlu Retno seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/1/2018).

Pernyataan tersebut disampaikan Menlu RI pada Sesi Pembukaan “The 5th ASEAN-India Network of Think-Tanks (AINTT)” di Jakarta.

Menlu RI menekankan pentingnya budaya dialog dalam kemitraan ASEAN-India untuk menciptakan ekosistem yang damai, tangguh, dan makmur di kawasan Pasifik dan Samudera Hindia.

Menlu Retno juga menyampaikan dua prioritas kerja sama lainnya yang harus terus ditingkatkan antara ASEAN dan India, yakni kerja sama ekonomi dan maritim.

Kedua kerja sama tersebut, menurut Retno, sangat penting untuk ditingkatkan karena menyentuh langsung hajat hidup masyarakat di kedua kawasan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, juga menyatakan harapannya atas kawasan Indo-Pasifik yang bebas dari ancaman tradisional dan non-tradisional.

Terkait dengan hal tersebut penguatan kerja sama maritim, termasuk keamanan maritim dan ekonomi biru (blue economy), menjadi area kerja sama yang terus dikedepankan oleh India.

Menlu India selanjutnya menekankan pentingnya untuk meneruskan tiga area kerja sama tradisional ASEAN-India yaitu perdagangan, konektivitas, dan kebudayaan.

Acara “The 5th AINTT” diselenggarakan dalam rangkaian peringatan 25 tahun hubungan kerja sama kemitraan ASEAN-India dan merupakan kolaborasi bersama antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Misi India untuk ASEAN di Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *