Petani Banyumas Berharap Mentan Datangi Panen Raya

  • Whatsapp

BANYUMAS, Jowonews.com — Petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani Sri Jaya, Desa Tinggarjaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengharapkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dapat menghadiri panen raya di desa itu.

“Kami tentu sangat berharap Mentan bisa hadir saat panen raya,” kata Ketua Gapoktan Sri Jaya Sartam di sela kunjungan Penanggung Jawab Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai Wilayah Banyumas Kementerian Pertanian Apri Handono yang meninjau tanaman padi siap panen di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Sabtu (6/1).

Menurut dia, keberhasilan petani dalam menanam padi di Desa Tinggarjaya tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui Kementan.

Sebelumnya, kata dia, petani di Desa Tinggarjaya menanam padi dua kali dalam setahun yang diselingi dengan tanaman palawija.

“Itu sudah seperti budaya karena kalau tiga kali tanam padi dikhawatirkan terkena serangan hama. Namun kalau pemerintah menentukan musim tanam ketiga ditanami padi, ya kami siap,” katanya.

Ia mengakui jika lahan tanaman padi siap panen itu sebelumnya tidak ditanami padi maupun palawija.

Dalam hal ini, kata dia, dari luasan lahan sawah di Desa Tinggarjaya yang mencapai 350 hektare hanya sekitar 3 hektare yang ditanami palawija sedangkan lainnya dibiarkan menganggur.

Saat pejabat Kementan berkunjung ke Desa Tinggarjaya, lanjut dia, petani diminta segera mengolah lahan sawah yang menganggur untuk ditanami padi.

“Alhamdulillah hasilnya seperti ini, prediksi dari BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) potensi hasil panennya bisa mencapai 9 ton per hektare,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *