Penataan Pedestrian Malioboro Ditarget Selesai 2018

  • Whatsapp
ilustrasi

YOGYAKARTA, Jowonews.com – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan penataan pedestrian di sisi Barat kawasan Malioboro bisa selesai pada 2018.

“Pada 2018 sesuai tahapannya, kami akan menyelesaikan pedestrian Malioboro (sisi barat) di Jalan Margomulyo dan Jalan Pangurakan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY Muhammad Mansyur di Yogyakarta, Selasa.

Sebelumnya, Pemda DIY telah merampungkan penataan pedestrian di sisi timur Malioboro tahap pertama (Hotel Inna Garuda- Hotel Mutiara) pada 2016 dan tahap kedua (Pasar Bringharjo- Titik Nol) pada 2017.

Menurut Mansyur, selain menyelesaikan penataan pedestrian Malioboro, pada 2018 Pemda DIY juga akan merampungkan pembangunan Gedung Eks Bioskop Indra yang akan digunakan menampung pedagang kaki lima (PKL) yang menggelar lapak di kawasan Malioboro.

Eks Bioskop Indra, kata dia, akan dibangun tiga lantai. Rencananya bangunan itu disiapkan sebagai lahan baru untuk berjualan sebagian PKL yang ada di sisi barat Malioboro bagian utara.

Pemda DIY rencananya juga akan menyiapkan lahan berjualan PKL di bagian tengah dan utara Malioboro.

“Kapasitasnya akan kami hitung lagi. Tentu itu (eks Bioskop Indra) tidak bisa untuk menampung seluruh PKL Malioboro,” kata dia.

Mansyur mengatakan untuk penataan pedestrain Malioboro sisi Barat, Pemda menganggarkan Rp 35 miliar. Sedangkan untuk pembangunan eks Bioskop Indra disiapkan anggaran Rp 40 miliar. “Jadi total antara Rp 75 sampai Rp 80 miliar,” kata dia.

Ke depan untuk merelokasi PKL ke Gedung Eks Bioskop Indra akan selalu menyesuaikan arahan Gubernur DIY. “Prinsipnya kami tidak akan menggusur tetapi lebih pada menata supaya lebih bagus,” kata dia.(jwn4/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *