SEMARANG, Jowonews.com — Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi Semarang menambah jumlah dokter spesialis yang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para bakal calon kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Sebelumnya kami telah menyiapkan 20 dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para kandidat, namun karena jumlah calonnya cukup banyak maka kami menambah tiga dokter spesialis,” kata Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP dr. Kariadi Semarang dr. Nurdopo Baskoro di Semarang, Jumat (12/1).

Tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan kandidat pilkada tersebut dibagi menjadi dua yakni di RSUP dr. Kariadi Semarang dan RSUD dr. Moewardi Surakarta.

Ia menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan terhadap kandidat Pilgub Jateng dan kandidat pilkada Kabupaten Kudus, Tegal, serta Kota Tegal dijadwalkan pada 12-13 Januari 2018.

Pemeriksaan kesehatan kandidat pilkada Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, dan Magelang akan dilaksanakan di RSUD dr Moewardi Surakarta.

“Pemeriksaan kesehatan kandidat akan melalui 11 tahapan seperti dari pemeriksaan laboratorium hingga pemeriksaan ultrasonography (USG), dan pemeriksaan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng,” ujarnya.

Pemeriksaan lainnya yang lebih menyeluruh menyangkut kesehatan para kandidat meliputi pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan jasmani mengenai penyakit dalam, jantung, paru, dan bedah (onkologi).

Selain itu, kata dia, pemeriksaan kesehatan lainnya adalah urologi, orthopedi, obstetri ginekologi, mata, THT, gigi dan mulut, kemudian pemeriksaan penunjang lainnya seperti USG, foto rontgen toraks, spirometri, dan audiometri nada murni.

Khusus bagi perempuan yang menjadi kandidat pilkada juga dilakukan tambahan pemeriksaan kesehatan berupa USG transvaginal. (jwn5/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here