Darmanto Jatman bersama SBY

SEMARANG, Jowonews.com – Penyair kenamaan tanah air, Darmanto Jatman, meninggal dunia di RS dr Kariadi Semarang. Tokoh senior di bidang sastra yang juga guru besar emiritus di Undip tersebut wafat di usia 75 tahun. Dia meninggal pada usia 75 tahun setelah sekitar 11 lamanya menderita stroke.

Jenazah disemayamkan di rumah duka di Jalan Menoreh No 73, Semarang. Namun Handry belum mengetahui kapan dan dimana jenazah Darmanto akan dimakamkan.

Darmanto sudah beberapa tahun terakhir memang terserang stroke sehingga membatasi aktivitasnya secara fisik. Namun demikian, Darmanto masih sering menerima kunjungan sejumlah tokoh, kenalan, sahabat maupun anak-anak muda yang ingin belajar tentang dunia sastra.

Soedarmanto, lebih dikenal sebagai Darmanto Jatman atau juga sering menyingkat namanya menjadi Darmanto Jt lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1942, namun sejak kecil bersama keluarga besarnya tinggal di Yogyakarta.

Sebagai penyair namanya mulai diperhitungkan sejak akhir dekade 60-an. Pada dekade 70-an, karya-karyanya banyak menginspirasi penyair-penyair muda kala itu dalam penciptaan karya dengan ‘gaya ucap’ yang khas Darmanto. Selain itu dia juga menulis karya-karya buku dan esai tentang kebudayaan.

Karena karya-karyanya yang sangat mewarnai dunia sastra di tanah air, Darmanto telah menerima sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga maupun dari pemerintah. Yang dari pemerintah tercatat Darmanto menerima Anugerah Satyalencana Karya Satya pada tahun dan Anugerah Satyalencana Kebudayaan dari Pemerintah RI pada 2010.

Selain aktif di dunia sastra, Darmanto juga mengajar di Undip, Semarang. Dia adalah guru besar emeritus pada Fakultas Psikologi Undip.

Darmanto Jatman lama dikenal sebagai guru sastrawan dan seniman di Kota Semarang. Secara formal, bidang yang Darmanto tekuni adalah psikologi. Namun karena kecintaannya pada dunia sastra, ia juga dianggap memiliki kecakapan pada bidang sastra. Karena itulah, ia antara lain mengajar psikologi sastra di Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Undip. (JWN3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here