Mantan Ketua Nasdem Brebes Didakwa Penyuapan

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Mantan Ketua Partai Nasdem Kabupaten Brebes Amir Mirza Hutagalung didakwa memberikan suap kepada Wali Kota Tegal Siti Masitha berkaitan dengan penanganan sejumlah proyek serta mutasi jabatan di lingkungan pemerintah daerah itu.

Jaksa penuntut umum Haerudin dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin, mengatakan, Amir Mirza didakwa menyuap Wali Kota Tegal hingga Rp8,8 miliar.

Uang suap tersebut, lanjut dia, berasal dari sejumlah pihak.

Ia menjelaskan Amir yang berperan sebagai perantara menyuap Siti sebesar Rp2,9 miliar yang berasal dari Caryo Supriadi, Wakil Direktur Rumah Sakit Kardinah Kota Tegal, yang juga diadili dalam perkara ini.

“Suap itu diduga berkaitan dengan mutasi jabatan Cahyo sebagai Wakil Direktur RSUD Kardinah,” katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Antonius Wididjanto itu.

Selain itu, kata dia, terdakwa juga pernah memfasilitasi agar Wali Kota Tegal menerbitkan surat keputusan yang dijadikan sebagai landasan hukum penggunaan dana layanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Atas terbitnya surat tersebut, terdakwa memberikan uang sebesar Rp500 juta kepada Siti Masitha.

Terdakwa juga menjadi perantara pemberian suap yang berasal dari “fee” pelaksanaan sejumlah proyek di Kota Tegal yang dikerjakan pada kurun waktu 2016 hingga 2017.

Pemberian uang tersebut, menurut jaksa, berasal dari seorang pengusaha bernama Sadat Fariz. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *