PPP: Gizi Buruk Asmat Ironi Infrastruktur Jokowi

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com — Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati meminta pemerintahan Jokowi menyeimbangkan pembangunan infrastruktur di Papua dengan pembangunan kesehatan.

Hal ini terkait dengan Tragedi kesehatan yang terjadi di Kabupaten Asmat dalam empat bulan terakhir yang telah menewaskan 24 anak akibat kejadian luar biasa campak dan gizi buruk.

Okky menegaskan, gizi buruk di Asmat Papua adalah ironi di tengah upaya pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah termasuk di Papua.

“Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah mestinya juga memberikan perhatian yang serius terhadap daerah-daerah khususnya yang masuk kategori zona merah dalam hal kesehatan,” ujar Okky dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1).

Okky melanjutkan, keberadaan Inpres No 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan untuk Papua dan Papua Barat harus segera dikonkretkan kerjanya di lapangan. Meski, menurut Okky, Inpres ini cenderung terlambat, namun adanya Inpres ini, perangkat pemerintah dapat segera bertindak dan melakukan langkah-langkah nyata, khususnya terkait bidang kesehatan di Papua dan Papua Barat.

Okky menyebut pernah menyinggung masalah di Asmat dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu. Sayangnya, ujar dia, jawaban pemerintah justru menunjukkan kebingungan dalam menangani persoalan tersebut.

“Alasan seperti kurangnya pasokan listrik untuk menyimpan vaksin di Cold Chain sehingga balita di Papua tidak terpenuhi imunisasi yang lengkap sungguh alasan yang naif,” papar Okky.

Politisi PPP inipun mendesak 27 instansi Kementerian dan Lembaga yang berada di Pusat sebagaimana amanat Inpres 9/2017 agar segera membuat terobosan mengatasi persoalan kesehatan di Papua dan Papua Barat.

“Pimpinan Kementerian dan Lembaga agar segera melakukan langkah nyata untuk bertindak atas persoalan tersebut, khususnya bidang kesehatan yang terjadi di Provinsi di ujung Timur Indonesia ini,” ujar dia. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *