Sekda Banyumas Wanti-wanti ASN Netral di Pilkada

  • Whatsapp
ILUSTRASI

PURWOKERTO, Jowonews.com — Sekretaris Daerah Banyumas, Jateng, Wahyu Budi Saptono meminta aparatur sipil negara di lingkungannya tetap netral saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

“Dalam menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng serta Bupati dan Wakil Bupati Banyumas yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018, saya mengimbau segenap anggota Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) Kabupaten Banyumas untuk bersikap netral,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (17/1).

Ia mengatakan netralitas Korpri sangat diperlukan demi terwujudnya iklim sejuk dan kondusif jajaran birokrasi pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa/kelurahan.

Selain itu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil yang dipertegas dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara serta UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan, ASN atau PNS tidak boleh berpolitik.

Menurut dia, paradigma baru Korpri berupa profesional, netral, dan sejahtera, harus terus mendorong anggota Korpri untuk selalu profesional dalam bekerja melalui pemberian pengabdian, karya dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta ada sisi yang lain secara bertahap berupaya meningkatkan kesejahteraannya.

“Anggota Korpri harus tetap fokus dan bekerja secara profesional, serta menjaga monoloyalitas hanya kepada bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, jaga persatuan dan kesatuan, persaudaraan, kebersamaan, dan jiwa korps,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *