Potensi Hujan Lebat di Jateng Meningkat

  • Whatsapp
ilustrasi

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengingatkan adanya peningkatan potensi hujan di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Provinsi Jawa Tengah.

“Ada peningkatan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jumat.

Dia menjelaskan berdasarkan pantauan kondisi dinamika atmosfer, ada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, yang diprakirakan terjadi pada 18 hingga 22 Januari 2018.

Dia menambahkan bahwa Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Untuk itu, BMKG terus mengimbau masyarakat setempat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati akan dampak peningkatan potensi hujan.

“BMKG terus mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap peningkatan potensi hujan pada pertengahan Januari 2018 ini,” kata dia.

Pasalnya, kata dia, hujan dengan intensitas lebat dengan durasi yang cukup lama berpotensi menimbulkan bencana banjir, longsor, genangan, banjir bandang, dan pohon tumbang.

Terlebih lagi, kata dia, sejumlah wilayah di Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah rawan terjadinya bencana tanah longsor.

BMKG juga mengingatkan adanya potensi gelombang tinggi, termasuk di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa.

BMKG memprakirakan peningkatan tinggi gelombang itu dapat terjadi pada sore hingga malam hari.(jwn4/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *