Kekayaan Cagub-Cawagub Sudirman-Ida Rp24,5 M

  • Whatsapp
Sudirman Said-Ida saat mendaftar di Gedung KPUD Jateng.

SEMARANG, Jowonews.com – Jumlah harta kekayaan pasangan bakal calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said dan Ida Fauziyah mencapai Rp24.569.735.488 atau jauh di atas total kekayaan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen yang hanya sebesar Rp9.791.090.663.

Berdasarkan laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi yang diakses dari Semarang, Rabu, tertulis kekayaan bakal cagub Ganjar Pranowo sebesar Rp6.729.155.082, bakal cawagub Taj Yasin Maimoen Rp3.061.935.581, bakal cagub Sudirman Said Rp4.672.784.760, dan bakal cawagub Ida Fauziyah Rp19.896.950.728.

Total kekayaan masing-masing kandidat itu berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diserahkan ke KPK untuk diverifikasi sebagai salah satu syarat pencalonan.

Laporan harta kekayaan para kandidat Pilgub Jateng itu telah diverifikasi oleh KPK.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo saat dikonfirmasi mengaku belum menerima angka resmi mengenai total kekayaan masing-masing kandidat pilkada.

“Untuk jumlah pastinya saya belum bisa memastikan karena kami (KPU Provinsi Jateng, red.) hanya menerima tanda terima LHKPN yang sudah diverifikasi dari KPK,” katanya.

Menurut dia, hasil audit yang dilakukan KPK terhadap LHKPN masing-masing kandidat pilkada akan keluar pada satu atau dua bulan kedepan.

“Berdasarkan undang-undang, pengumuman terakhir total kekayaan kandidat, satu bulan sebelum pemungutan suara dan KPK akan mengirim surat ke kami dan minta bantuan untuk diumumkan ke publik,” ujarnya.

Pilgub Jateng 2018 diikuti dua pasang bakal calon yaitu Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar serta Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *