Teknologi Pertanian Berperan Dukung Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Sermarang, pada hari Senin tanggal 22 Januari 2018, menggelar acara Seminar Pangan dengan tema “Peran Teknologi Pertanian Pangan Dalam Mendukung Ketahanan Pangan di gedung Graha Kebangsaan UNTAG Semarang.

Seminar Pangan ini, merupakan rangkaian acara pada kegiatan Pelantikan BEM FTP UNTAG Semarang.

“Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan peran mahasiswa dan kampus dalam rangka mencapai ketahanan pangan khususnya di Jawa Tengah, menjadi tempat untuk mewadahi akademisi kampus dalam mengkomunikasikan serta dalam rangka meningkatkan interaksi diantara para akademisi kampus dengan pemerintah dan dunia industri,” kata Ketua BEM FTP UNTAG Boy Wato Koten

Dalam sambutan acara, Ir. Diah Kartikawati, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkaya wawasan mahasiswa akan isu-isu yang berkaitan dengan ketahanan pangan dan dapat menerapkannya di dunia masyarakat, dan kami yakin kegiatan ini bisa berjalan dengan baik”.

Ir. Whitono, M.Si dalam pemaparannya mengatakan dalam UU Pangan No. 18 tahun 2012, ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan , yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik.

“kegiatan produksi pertanian di jawa tengah khususnya padi mencapai 11.473.161 Ton, dan ketersediaan padi 6.816.753 Ton,sedangkan kebutuhan padi di jawa Tengah 3.170.580 Ton pada tahun 2017, jadi ada surplus sekitar 3.646.174 Ton pada tahun 2017,”ujarnya.

 “Mudah-mudahan dengan adanya seminar ini, manfaat yang kita peroleh bukan hanya pada FTP UNTAG Semarang saja, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat Provinsi di Jawa Tengah. Sehingga bisa memetik manfaat yang sebesar-besarnya,”pungkasnya.

Seminar Pangan pada tema “Peran Teknologi Pertanian Dalam Mendukung Ketahanan Pangan” Dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Kedaulatan Pangan, Bapak Ir. Whitono M.Si.  Pusat Kajian Ketahanan Pangan UNTAG Semarang , Dr. Ir Enny Nur Laili MP. Wakil rektor III UNTAG Semarang, Ir. Harsoyo, MM. Dekan FTP UNTAG Semarang , Ir. Diah Kartikawati M.Si dan seluruh Dosen dan Mahasiwa FTP UNTAG Semarang. (JWN3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *