NEW YORK, Jowonews.com — Pabrikan sepeda motor Amerika Serikat, Harley-Davidson, menarik kembali secara sukarela (voluntary recall) terhadap lebih dari 251.000 unit sepeda motor dari seluruh dunia karena masalah rem.

Harley-Davidson, yang berkantor pusat di Milwaukee, Wisconsin, mengatakan penarikan tersebut menelan biaya 29,4 juta dolar AS untuk 175.000 unit sepeda motor yang terjual di Amerika Serikat, menurut Milwaukee Journal Sentinel dilansir Xinhua, Jumat (9/2).

Penarikan kembali itu mencakup Harley-Davidson model CVO Touring dan VSRC tahun 2008 hingga 2011 yang dilengkapi fitur remĀ anti-lock. Fitur tersebut berpotensi tidak bekerja saat pengereman karena adanya korosi pada komponennya.

Pada Juli 2016, Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) mulai menyelidiki masalah rem itu setelah menerima 43 keluhan, termasuk laporan tiga kecelakaan dan dua korban luka-luka.

Selain itu, masalah rem ini terjadi karena beberapa pemilik tidak mengganti minyak rem secara rutin setiap dua tahun.

Akibatnya, cairan minyak rem terkontaminasi oleh kelembaban dan menyebabkan korosi pada katup aktuator anti-lock brake system, menurut laporan itu. (jwn5/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here