Puncak HUT Nasional Tagana Dipusatkan di Kebumen

  • Whatsapp

KEBUMEN, Jowonews.com — Puncak Hari Ulang Tahun ke-14 Taruna Siaga Bencana (Tagana) secara nasional dipusatkan di Pantai Ayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pada Senin (2/4).

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Margo Wiyono di Kebumen, Minggu, mengatakan puncak acara HUT Tagana dijadwalkan dihadiri Menteri Sosial Idrus Marham.

Ia mengatakan Mensos akan menanam bakau di kawasan Pantai Ayah bersama 2.000 Tagana dan berbagai unsur relawan kemanusiaan lainnya.

Selain penanaman bakau, para relawan juga melakukan bakti sosial dan Tagana Mengajar (Goes to School). Kemudian sebagai acara puncak peringatan, Mensos akan menghadiri Apel Siaga Tagana Indonesia.

Dalam puncak HUT Tagana juga akan dilakukan pengukuhan Ketua DPR RI sebagai Pembina Kehormatan Tagana Nasional, Pengukuhan Wakil Bupati Kebumen menjadi Pembina Tagana Wilayah Kebumen.

Kemensos juga akan menandatangani kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) terkait Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terkait Penyelenggaraan Penanggulangan Terorisme, dan Badan Intelijen Negara (BIN) tentang Penanganan Konflik Sosial.

Dalam rangkaian HUT Tagana juga dilakukan bimbingan teknis Sahabat Bencana sebanyak 60 orang dari unsur wartawan, RAPI, AMPI, dan AMPG.

“Mereka dibekali cara-cara penanganan bencana, bagaimana mendirikan shelter, dapur umum,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *