Rumah Bersejarah di Bosphorus Rusak Diterjang Kapal Tangki

  • Whatsapp

ANKARA, Jowonews.com — Kapal tangki menabrak rumah bersejarah di pantai Bosphorus, Istanbul, pada Sabtu setelah perangkat kemudinya terkunci, kata penyiaran CNN Turk, dengan menambahkan bahwa lalu lintas kedua arah di selat itu ditangguhkan.

Kapal tunda dan kapal penjaga pantai kemudian dikirim ke daerah itu dan kapal tangki “Vitaspirit”, yang berbendera Malta, ditarik dan dibawa ke pantai, kata CNN Turk.

Tidak ada laporan tentang korban, tapi rekaman kecelakaan itu menunjukkan kerusakan parah atas gedung bersejarah di pantai di bawah jembatan Fatih Sultan Mehmet, salah satunya tiga penyeberangan sisi Asia dengan Eropa Istanbul.

Gedung Hekimbasi Salih Efendi berdiri di tepi pantai selat Bosphorus sejak abad ke-18 dan digunakan untuk menyelenggarakan pernikahan dan pergelaran musik, kata laman gedung tersebut.

Bosphorus adalah salah satu selat terpenting di dunia untuk pengangkutan minyak, dengan lebih dari tiga persen pasokan dunia -terutama dari Rusia dan laut Kaspia- melalui jalur air sepanjang 17 mil itu, yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Tengah.

selat itu juga digunakan oleh kapal pembawa biji-bijian dari Rusia dan Kazakstan ke pasar dunia, demikian Reuters. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *