BANYUMAS, Jowonews.com – Volume kendaraan yang melintas di jalur selatan Jawa Tengah khususnya yang masuk wilayah Kabupaten Banyumas pada H2+2 Lebaran mengalami peningkatan dari hari Minggu (17/6) atau H2+1 Lebaran.

Dari pantauan di sejumlah ruas jalur selatan Jateng, Senin, volume kendaraan khususnya yang melintas di ruas jalan Rawalo-Wangon maupun Wangon-Ajibarang dan Ajibarang-Bumiayu yang merupakan jalan penghubung jalur selatan dengan jalur pantai utara (pantura) Jateng tampak tersendat akibat adanya pertemuan dengan arus kendaraan dari sejumlah objek wisata.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Polisi Finan Sukma Radita mengakui adanya peningkatan volume kendaraan yang melintas di jalur selatan Jateng pada H2+2 Lebaran jika dibanding dengan kondisi pada H2+1 Lebaran atau Minggu (17/6).

“Memang terjadi peningkatan yang cukup signifikan mulai dari H2+1 Lebaran kemarin, ada yang mengarah ke tempat wisata dan ada pula yang merupakan arus balik. Hari ini (18/6) memang lebih meningkat dari kemarin sehingga di beberapa titik terjadi peningkatan arus yang signifikan,” kata AKP Finan Sukma Radita.

Ia mencontohkan kemacetan yang cukup panjang di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes terjadi akibat pertemuan dengan arus dari arah objek wisata Waduk Penjalin, Paguyangan, Brebes.

Bahkan, arus kendaraan wisatawan dari arah Waduk Penjalin masih cukup banyak namun secara perlahan mulai terurai karena objek wisata tersebut tutup pada pukul 16.00 WIB

Sementara di simpang tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Ajibarang, kata dia, terdapat pertemuan arus dari arah Wangon (jalur selatan Jateng) maupun Purwokerto (jalur tengah Jateng) menuju jalur pantura. (jwn5/ant)