BPBD: Warga Lereng Merapi Diminta Tetap Waspada

  • Whatsapp
ILUSTRASI: Gunung Merapi

BOYOLALI, Jowonews.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali meminta warga yang bermukim di kawasan rawan bencana (KRB) lereng Gunung Merapi tetap waspada pada musim hujan saat ini.

“Status Merapi hingga sekarang di level 2 atau waspada, dengan melihat letusan gunung pada 2010, pertumbuhan kubah lava masih tergolong kecil,” kata Kepala BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinungharjo, di Boyolali, Senin.

Namun, pihaknya meminta warga di lereng gunung tetap waspada jika terdapat kemungkinan lain. Menurut Bambang Sinungharjo Merapi pada kejadian 2010, jika dibandingkan kondisi kubah saat ini, masih jauh tidak begitu mengkhawatirkan. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi sesuai instruksi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), menyatakan, KRB pada radius sekitar 3,5 kilometer tidak boleh dihuni oleh masyarakat.

Bambang Sinungharjo mengatakan wilayah Kabupaten Boyolali yang masuk KRB antara lain Desa Jrakah, Klakah, dan Tlogolele. Ketiga desa di Kecamatan Selo itu, terletak tepat di kereng gunung teraktif di dunia tersebut.(jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *