Pengungsi Tsunami Selat Sunda Butuh Tambahan MCK

  • Whatsapp

LAMPUNG SELATAN, Jowonews.com – Warga Pulau Sebesi dan Sebuku Kabupaten Lampung Selatan yang dievakuasi di lapangan Tenis Indoor, Kota Kalianda, Lampung Selatan, minta pemerintah menambah fasilitas mandi, cuci kakus (MCK).

“Kami minta tambahan fasilitas tempat MCK karena harus antri kalau mau mandi dan ke toilet,” kata Rahmad Hidayat, pengungsi dari Pulau Sebuku saat ditemui di Lapangan Tenis Indoor Kota Kalianda, Rabu (26/12) malam.

Zainal Arifin, pengungsi dari Pulau Sebesi mengatakan, fasilitas yang masih sangat kurang dan dibutuhkan adalah fasilitas tempat mandi. “Kalau mau mandi kita menunggu, harus antre, cuman ada empat ruangan kamar mandi,” ujarnya.

Ia meminta semua kebutuhan pengungsi dipenuhi seperti selimut, bantal, kasur, pempers, obat-obatan, namun saat ini sudah mulai tercukupi meskipun masih kurang, sementara kalau untuk makanan sudah tercukupi.

Zahrim, pengungsi lainya minta pemerintah membantu warga Pulau Sebesi yang rumahnya rusak diterjang stunami.

“Kalau harapan kita, kan di Pulau Sebesi banyak rumah yang roboh, harapannya pemerintah bisa membantu,” ujarnya.

Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Lampung Arie Wijaya yang bertugas di Lapangan Tenis Indoor menyebutkan jumlah pengungsi yang ada hingga pada Rabu malam sebanyak 607 orang.

“Pengungsi yang datang dari Pulau Sebuku dan Sebesi datang bergelombang ke sini, totalnya tadi siang sebanyak 1.300 orang, 600-an orang sudah pulang ke keluarganya, sisanya malam ini 607 orang,” katanya.

Ia menjelaskan, semua kebutuhan dasar pengungsi diberikan seperti makanan tiga kali sehari.

Mengenai MCK yang dikeluhkan, katanya, sedang dibuatkan tambahan fasilitas MCK.”Kita sedang buatkan MCK portable,” katanya. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *