Belasan Rumah dan Bangunan di Sleman Rusak Diterjang Puting Beliung

  • Whatsapp

SLEMAN, Jowonews.com – Belasan rumah dan bangunan rusak serta puluhan pohon tumbang akibat diterjang angin kencang dan hujan butiran es di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat siang.

“Angin kencang terjadi di sejumlah kecamatan, akibat kejadian tersebut sementara tercatat belasan rumah rusak berat dan ringan serta puluhan pohon tumbang,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan, Jumat malam.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, dampak paling parah dalam bencana angin puting beliung tersebut menimpa Kecamatan Turi yang menerjang tiga desa di wilayah tersebut.

“Di Kecamatan Turi, puting beliung melanda di tiga desa yakni Donokerto ada 16 titik dengan kerusakan diantaranya pohon tumbang 18 pohon, rumah rusak ringan tujuh unit, rusak sedang dua unit rusak berat satu unit dan dua masjid rusak ringan,” katanya.

Di Desa Bangunkerto titik dampak tiga lokasi dengan kerugian tiga pohon tumbang dan tiga unit rumah rusak sedang.

“Sedangkan di Desa Wonokerto titik dampak di enam lokasi dengan kerugian enam pohon tumbang, lima unit rumah rusak sedang dan satu kandang ternak,” katanya.

Selain itu, puting beliung juga terjadi di Kecamatan Tempel meliputi Desa Merdikorejo, Kecamatan Ngaglik di Desa Donoharjo, Kecamatan Prambanan di Desa Sumberharjo, Kecamatan Pakem di Desa Candibinangun, Kecamatan Kalasan di Desa Purwomartani dan Desa Tirtomartani serta di Kecamatan Sleman di Desa Trimulyo.

“Dampak paling banyak di Desa Donokerto Turi,” katanya.

Makwan mengatakan, data sementara dampak kerusakan meliputi 15 rumah rusak ringan, dua rumah rusak sedang, satu rumah rusak berat, satu kandang, dua masjid rusak ringan.

“Selain itu lima titik jaringan listrik putus, dua titik jaringan telepon putus, satu barak pengungsian Merapi di Desa Donokerto rusak sedang karena dinding selatan ambrol,” katanya.

Ia mengatakan, hingga malam ini pohon tumbang yang menutup akses jalan sudah terkondisi oleh BPBD Sleman, BPBD DIY, Warga, Polisi, TNI, Relawan, PMI.

“Sedangkan satu korban luka ringan sudah tertangani Puskesmas Turi,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *