Humas KAI: Tiket Mudik Lebaran Masih Tersedia

  • Whatsapp

PURWOKERTO, Jowonews.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, memastikan tiket mudik pada masa Angkutan Lebaran 2019 masih tersedia, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto.

“Dari pantauan kami hingga tanggal 7 Maret, pemesanan tiket mudik untuk keberangkatan H-10 Lebaran hingga H1 Lebaran masih didominasi KA-KA dari arah Jakarta atau Bandung menuju kota-kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, termasuk KA-KA dari arah Jakarta atau Bandung yang berakhir di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto,” katanya di Purwokerto, Jateng, Jumat.

Ia mengatakan ada 12 KA reguler yang keberangkatannya dari wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dengan total kapasitas 7.304 tempat duduk yakni KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir pulang pergi (PP), KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo-Pasarsenen PP, KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo-Pasarsenen PP, dan KA Logawa relasi Purwokerto-Surabayagubeng-Jember PP.

Selain itu, kata dia, KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Pasarsenen PP, KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP, KA Serayu Malam relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP, KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Surabayagubeng-Banyuwangi PP, KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang, KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Semarang, dan KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Semarang-Solo.

Dari semua KA tersebut, lanjut dia, rata-rata tiket yang telah dipesan sekitar lima persen dari total 7.304 tempat duduk sehingga ketersediaannya masih banyak.

“Pemesanan dapat dilakukan malalui laman kai.id atau aplikasi KAI Access setiap harinya mulai pukul 00.00 WIB, sedangkan untuk kanal eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI. Bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit karena jika tidak, tiket yang telah dipesan akan terjual kembali,” katanya.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah pengunjung kanal penjualan tiket, PT KAI (Persero) juga telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database ticketing system serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa dengan tujuan agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar.

Meskipun ketersediaan tiket masih cukup banyak, dia mengimbau masyarakat agar dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.

“Kami ingatkan kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di kanal resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan PT KAI (Persero), tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar. Kami berharap masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihannya pada Angkutan Lebaran 2019,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *