Enam Kabupaten di Jateng Kekurangan Logistik Pemilu 2019

  • Whatsapp
foto : istimewa

SEMARANG, Jowonews.com – Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengungkapkan sebanyak enam daerah di provinsi setempat mengalami kekurangan logistik Pemilu 2019.

“Terjadi kekurangan logistik berupa surat suara calon anggota legislatif di daerah Pati, Klaten, Sukoharjo, Grobogan, Sragen, dan Wonogiri,” katanya pada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah membahas persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Semarang, Selasa.

Terkait dengan beberapa daerah logistik Pemilu 2019 belum terdistribusikan secara keseluruhan, KPU Jateng sudah mengirimkan tim ke Jakarta untuk mengawal proses kelengkapan logistik.

“Sudah ada kepastian bahwa dua hari lagi kekurangan itu sudah tercukupi dan segera didistribusikan,” ujarnya pada rapat Forkompimda yang dihadiri gubernur Jateng, wagub Jateng, kapolda Jateng, pangdam IV/Diponegoro, kajati, ketua DPRD Jateng, ketua KPU, dan Bawaslu.

Selain itu, KPU Jateng juga sudah menyelesaikan perekrutan petugas KPPS yang ada di Jateng dengan jumlah mencapai 115.391 petugas.

Menurut dia, petugas KPPS juga sudah diberi pelatihan agar siap dalam melaksanakan tugas saat pelaksanaan pemilihan berlangsung.

“Pada prinsipnya kami sudah siap, hanya tinggal kendala sedikit itu, soal belum lengkapnya logistik di beberapa daerah yang kami pastikan dua hari nanti selesai,” tuturnya.

Mengetahui ada enam daerah yang masih kekurangan logistik pemilu, Ganjar meminta agar hal tersebut secepatnya ditangani.

Ganjar menjelaskan bahwa rapat Forkompimda ini dilakukan untuk memastikan persiapan Pemilu 2019 di Provinsi Jateng dapat berjalan aman dan lancar, apalagi pelaksanaan pesta demokrasi itu hanya tinggal menghitung hari.

“Ini untuk memastikan saja, bahwa pada prinsipnya dari rapat tadi KPU, Bawaslu sudah siap, dukungan keamanan dari TNI/Polri juga sudah siap. ‘Early warning’ tentang potensi-potensi kerawanan juga sudah dipetakan sehingga dapat diantisipasi sejak dini,” ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar memberikan perhatian terkait logistik yang belum 100 persen aman karena masih ada daerah yang belum lengkap logistik pemilunya.

“Maka tadi kita pastikan bahwa distribusi logistik semua aman, tadi sudah dipastikan dalam waktu dua hari semua selesai,” ucapnya.(jwn4/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *