Sering Adakan Pelatihan, Disnaker Dorong Masyarakat Berwirausaha

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Tidak seimbangnya jumlah lowongan kerja  dengan angkatan kerja produktif membuat Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Semarang mendorong masyarakat untuk berwirausaha sesuai dengan minat dan keahlian yang di miliki.

Kepala Disnaker Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan mengatakan, sebelumnya Disnaker sudah memberikan beberapa pelatihan yang dapat menunjang kompetensi masyarakat, namun hal itu belum maksimal.

Bacaan Lainnya

“Yang jadi pertanyaannya sekarang adalah, ketika kita berikan kompetensi dan sertifikasi, akan ketampung di mana? Karena lowongannya kita yang ada saat ini tidak banyak,” jelasnya, Rabu (10/04).

Untuk itu, lanjutnya, Disnaker mengarahkan untuk mengembangkan masyarakat pada sektor wirausaha. Menurutnya, revolusi industri saat ini memudahkan kita untuk berwirausaha.

“Kita kembangkan mereka menjadi orang yang inovatif, kreatif dan mempunyai daya juang tinggi, apalagi sekarang eranya digital semuanya serba online dan cepat”, imbuhnya

Menurutnya, kalau hanya mengejar pendidikan saja, umur kita terlalu tua dan tidak bisa masuk dalam dunia kerja, karena industri mayoritas mencari yang muda-muda.

“Untuk itu, salah satu bentuk dukungan dari kita adalah, pelatihan pengelolaan medsos, membuat website dan juga administrasi dalam dunia online,” katanya.

Ia menambahkan, pelatihan yang diberikan Disnaker sudah mengarah ke arah pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan untu wirausaha melalui dunia digital, tidak hanya tentang design grafis namun  juga office atau perkantoran

“Untuk mewujudkan hal ini, semua element  harus bersinergi, mulai dari Disnaker, Dinas Pendidikan, Perguruan Tinggi dan juga masyarakat agar kita bisa sama sama mengurangi pengangguran,” tandasnya. (Jwn05)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *