Masuki Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Johar Cenderung Stabil

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Masuki Bulan Ramadhan harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Johar Semarang tergolong stabil meskipun ada beberapa item yang mengalami kenaikan harha yang cukup signifikan.

Berdasarkan pantuan Jateng Pos, harga daging ayam tercatat naik Rp 2.000 per kilogram menjadi Rp 35.000 – Rp 36.000 per kilogram. Harga cabai rawit naik menjadi Rp 24.000 per kilogram dari Rp 20.000 per kilogram.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk harga bawang putih tiga hari terakhir ini mencapai Rp 50 ribu. Bahkan, beberapa waktu yang lalu mencapai Rp 60 hingga Rp 65 ribu.

“Kenaikan harga bawang putih ini karena stoknya tidak ada jadi mahal,” ujar Sumiatun salah satu pedagang bawang di Pasar Johar, Senin (06/05/2019).

Sementara itu harga bawang merah, lanjut Sumiatun masih stabil pada kisaran harga Rp 20 ribu. Sedangkan, beberapa cabai mengalami kenaikan seperti cabai keriting dari harga Rp 15 ribu menjadi 20 ribu, cabai hijau teropong naik menjadi 18 ribu dari harga semula 12 ribu. Sementara, cabai hijau keriting naik menjadi 12 ribu dari harga awal Rp 10 ribu.

“Biasanya stok cabai datangnya malam. Tadi malam tidak dateng jadi hari ini harganya naik. Bahkan beberapa warung tutup karena tidak punya barang,” keluhnya.

Dikatakan, pembeli yang datang pun akhirnya mengurangi jumlah pembelian bahan dibandingkan biasanya. Hal itu membuat pendapatannya mengalami penurunan.

“Pembeli sepi kalau naik. Mudah-mudahan harga bisa stabil, tidak naik turun terus menerus,” imbuhnya

Penjual Daging Ayam, Suminem mengemukakan, kenaikan harga daging ayam yang terjadi merupakan hal biasa ketika Bulam Ramadhan. Meskipun stok melimpah pun harga akan tetap naik karena permintaan masyarakat tinggi.

“Biasa kalau lagi awal puasa seperti ini. Nanti juga naik lagi pas mau lebaran dan setelah lebaran,” katanya.

Salah seorang pembeli daging ayam, Hartono mengatakan, meski terjadi kenaikan harga ia tetap membeli daging ayam tersebut karena sudah menjadi kebutuhan utama.

“Tetap beli, mahal ya wajar. Ini kan awal puasa,” ujarnya.

Sementara itu, pedagang daging sapi Makyem menyebutkan, o tidak ada kenaikan harga yang terjadi pada daging sapi. Saat ini harganya masih wajar yakni Rp 100.000 – Rp 110.000 per kilogramnya.

“Ini daging sapi biasa-biasa saja. Belum naik masih normal,” ujar Makyem.

Sementara itu, harga beras masih stabil di angka Rp 10 ribu per kilogram, minyak seharga Rp 9,5 ribu per kilohram, sedangkan terigu Rp 6,5 ribu, dan telur Rp 24 ribu.

“Harga stabil. Ramadan biasanya tidak naik. Kenaikannya tidak mesti seperti misalnya beras kalau tidak musim panen biasanya naik,” tutup pedagang sembako Pasar Johar Relokasi, Agus Setiono. (jwn5)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *