98 Walikota Hadiri Rakernas Apeksi Di Semarang

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Sebanyak 98 Walikota di seluruh Indonesia menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Semarang, Rabu (3/7/2019). Hadir dalam perhelatan akbar tersebut, Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Syafruddin, serta Airin Rachmi Diany.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya membangun otonomi daerah yang berbasis kearifan lokal dan bersinergi sehingga mampu menciptakan kesejahteraan di masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Saat ini infrastruktur di Indonesia sudah semakin baik, ini menjadi tugas kita untuk dapat memanfaatkan infrastruktur yang sudah dibangun untuk kesejahteraan kita bersama,” ujarnya.

Melalui rakernas, lanjutnya, pemerintah kota juga harus terus mengawal sisa anggaran daerahnya masing masing. Selain itu, Apeksi juga harus berperan aktif untuk mendorong anggotanya menyiapkan apa saja langkah yang di perlukan dalam merancang program program daerah.

“Penting untuk menciptakan pelayanan publik yang serba digital, cepat dan efisien sehingga seluruh masyarakat dapat terlayani dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo juga mengapresiasi pemerintah di seluruh kota di Indonesia yang mampu melaksanakan pilkada dan pilpres dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.

Terakhir dirinya berharap, melalui rakernas kali ini, pemerintah kota di  seluruh Indonesia dapat menciptakan ide , gagasan, dan terobosan terobosan dalam membangun daerahnya dan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, dalam momentum rakernas kali ini pemerintah kota di Indonesia mempunyai tugas yang berat pasca perhelatan pesta demokrasi pileg dan pilpres 2019.

“Sekarang tugas kita adalah mendinginkan suasana panas di bawah pasca pilkada dan pileg. Merajut kembali persatuan kesatuan, dan demokrasi.

Senada dengan Tjahjo, Ganjar juga mengimbau masyarakat Indonsesia untuk memanfaatkan infrastruktur yang telah dibangun untuk meningkatkankesejahteraan.

“Infrastruktur sudah dibangun, saatnya kita memanfaatkan apa yang sudah di bangun untuk mencipatakan kesejaheraan di masyarakat,” tuturnya.

Dalam forum ini Airin Rachmi Diany, ketua apeksi, mengatakan tujuan diadakannya rakernas kali ini untuk memajukan setiap kota di Indonesia.

“Lewat rakernas ini, tidak ada lagi kota yang tertinggal atau maju sendirian. Semua harus maju bersama sama,” tambahnya.

Ia juga meminta kepada seluruh pemerintah kota untuk bersama sama, berkolaborasi untuk memajukan daerahnya masing dan menciptakan kesejahteraan di tengah tengah masyarakat.

Dalam acara ini, sederet kegiatan pendukung Rakernas Apeksi XIV dan ICE XVII 2019 juga akan meramaikan kota Semarang. Kegiatan tersebut adalah Pawai Budaya, Penanaman Pohon, Ladies Program, Semarang Night Carnaval, pemilihan stan pemkot terbaik, dan suguhan hiburan musik. (jwn5)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *