Blangko Terbatas, Disdukcapil Kudus Optimalkan Pelayanan KIA

  • Whatsapp

KUDUS, Jowonews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berupaya mengoptimalkan pelayanan Kartu Identitas Anak kepada anak-anak di daerah itu sesuai dengan stok blangko KIA.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Kudus Putut Winarno di Kudus, Kamis, mengatakan pengadaan blangko KIA saat ini jumlahnya memang belum sesuai kebutuhan karena yang bisa disediakan 50.000 keping blangko.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan permohonan KIA untuk usia lebih dari 5 tahun mencapai 127.000 anak sehingga pemenuhannya menunggu anggaran tahun berikutnya.

Pembuatan KIA, kata dia, baru dilayani pada Oktober 2019 setelah pengadaan 50.000 blangko terealisasi.

Pihaknya mengakui belum bisa memenuhi secara keseluruhan permohonan pembuatan KIA menyusul tingginya animo pemohon, sedangkan stok blangko untuk mencetak KIA masih terbatas.

“Untuk sementara, kami belum bisa melayani pembuatan KIA karena masih menunggu pengadaan blangko KIA,” kata dia.

Meskipun tersedia puluhan ribu blangko, dia meminta pemahaman masyarakat bahwa Disdukcapil Kudus belum bisa mencetaknya secara serentak karena keterbatasan kemampuan alat cetaknya.

“Pencetakannya dilakukan bertahap sehingga masyarakat yang menginginkan anaknya memiliki KIA agar bersabar,” ujarnya.

Jika penyediaan blangko sebelumnya dari pusat maka selanjutnya diserahkan kepada masing-masing daerah untuk dilakukan pengadaan dengan anggaran daerah.

Meskipun ada sejumlah keterbatasan, pihaknya tetap berupaya melayani secara optimal setiap permohonan KIA.

Namun, kata dia, masyarakat harus bersabar menunggu giliran menyusul kemampuan alat cetak dan ketersediaan blangko yang terbatas.  (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *