Ikatan Istri Dokter Indonesia Surakarta Ajak Warga Kurangi Penggunaan Plastik

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surakarta mengajak warga mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai upaya yang kami lakukan, hari ini kami membagikan 1.000 tas kain dengan tujuan untuk merawat bumi kita dari sampah plastik,” kata Ketua IIDI Cabang Surakarta Sri Mulyaningsih di sela pembagian tas kain di Pasar Gede Solo, Jumat.

Ia menekankan pentingnya mengendalikan sampah plastik, mengingat menurut data internasional Indonesia berada di peringkat dua dalam daftar negara penghasil sampah plastik terbesar setelah Tiongkok.

“Kalau dibiarkan ini sangat mengkhawatirkan untuk kelangsungan generasi penerus bangsa,” katanya.

Ia mengatakan, pembagian tas kain bertulisan “No Plastic” tidak hanya dilakukan di Pasar Gede tetapi juga di beberapa pasar tradisional lain, termasuk Pasar Kadipolo, Pasar Nongko, Pasar Ledoksari, dan Pasar Gemblegan.

“Rencananya kegiatan ini akan kami lakukan lagi tahun depan karena ternyata antusiasme masyarakat untuk ikut mengurangi sampah plastik cukup tinggi,” katanya.

Pengunjung Pasar Gede mengapresiasi upaya IIDI mengurangi penggunaan plastik.

“Ini tadi saya dapat, terus belanjaannya langsung saya pindahkan semua ke tas kain. Memang biasanya saya jarang pakai tas plastik,” kata Latifah, pengunjung Pasar Gede. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *