Dana Desa Dinilai Berdampak Terhadap Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan bahwa pemanfaatan dana desa memiliki dampak terhadap percepatan pembangunan daerah tertinggal.

“Pembangunan desa berkolerasi 67 persen terhadap hasil pembangunan daerah tertinggal. Artinya hubungannya sangat signifikan antara dana desa dan pembangunan daerah tertinggal,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT, Ivanovic Agusta, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan dana desa menjadi salah satu upaya yang perlu dioptimalkan dalam pembangunan daerah tertinggal. Selain itu, strategi yang bisa dikembangkan adalah fungsi koordinasi dan kerja sama dengan pihak lain seperti lintas Kementerian dan lembaga, termasuk dengan pemerintah daerah.

Ke depan perlu ada pengkajian ulang dan evaluasi untuk lebih memfokuskan program pembangunan desa di daerah tertinggal dengan cara mengubah strategi dan memformulasikan kelembagaan fungsi kelembagaan.

“Salah satu opsinya, untuk pembangunan desa di daerah tertinggal perlu mengoptimalkan peran dan fungsi Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal agar pembangunan daerah tertinggal lebih fokus dan holistik,” kata Ivanovic lagi. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *