JAKARTA, Jowonews.com – Kementerian Sosial berupaya meningkatkan fasilitas bagi para penyandang disabilitas guna lebih memberdayakan kemampuan dan bakat yang mereka miliki.

“Mungkin yang pertama yang simpel-simpel saja. Misalnya fasilitas umum,” kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dalam acara Gerak Jalan Sehat bersama 1.000 penyandang disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2019 di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan saat ini pemerintah harus mulai meningkatkan layanan fasilitas umum, baik bagi penyandang disabilitas maupun nondisabilitas.

“Mulai sekarang harus seluruh fasilitas publik,” katanya.

Tidak hanya fasilitas umum, pemerintah juga perlu meningkatkan layanan di perkantoran sehingga mereka dapat lebih mudah bergerak dan dapat merasa lebih dihargai.

“Kantor-kantor ya. Itu memberikan kemudahan bagi teman-teman, bermanuver, sehingga teman-teman disabilitas juga benar-benar merasa dihargai dan diberikan tempat seperti layaknya orang normal.

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta kementerian atau lembaga lain untuk tidak diskriminatif dalam pembuatan persyaratan penerimaan CPNS

“Prinsipnya kita tidak boleh diskriminatif,” katanya, menjawab pertanyaan tentang masih adanya lembaga yang diskriminatif dalam persyaratan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). (jwn5/ant)