PARTISIPASI – Perempuan Berkebaya Indonesia Jateng saat berpartisipasi di Musprov V 2019 DPD Aspekindo Jawa Tengah

  • Whatsapp

Kebaya Adalah Budaya Bangsa Yang Harus Dilestarikan

SEMARANG, Jowonews.com – Berawal dari keprihatinan akan semakin memudarnya budaya berkebaya bagi perempuan Indonesia, organisasi wanita yang menamakan dirinya Perempuan Berkebaya Indonesia Jawa Tengah terus mengkampanyekan kepada banyak perempuan khususnya di Jawa Tengah untuk bangga mengenakan kebaya.

Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia Jawa Tengah, Eka Dewi Setyawati mengatakan bahwa saat ini kebaya sebagai identitas perempuan Indonesia semakin terkikis dengan adanya budaya luar yang mengedepankan busana-busana minjm. Oleh karena itu, Perempuan Berkebaya Indonesia Jateng terus berupaya untuk mengajak wanita Indonesia agar bangga mengenakan kebaya. Menurutnya pandangan masyarakat bahwa mengenakan kebaya susah atau ribet, sepenuhnya kurang tepat karena saat ini kebaya dapat dikombinasikan dengan busana apa saja sehingga kesannya simpel.

“Budaya mengenakan kebaya harus dilestarikan, mengenakan kebaya itu tidak ribet bahkan dapat dikombjnasikan dengan busana lainnya sehingga cocok djkenakan disegala suasana salah satunya untuk jalan ke mall,” ungkapnya.

Menurutnya mengenakan kebaya adalah sebuah kebanggaan karena selain sebagai budaya bangsa, mengenakan kebaya juga akan menambah kesan cantik dan sopan bagi pemakainya. Terlebih kebaya mempunyai sejarah panjang bagi bangsa Indonesia, salah satunya adalah kebaya merupakan busana wajib bagi putri bangsawan dahulu.

“Banyak orang luar negeri yang sekarang ini berkunjung ke Indonesia salah satunya mempelajari kebaya bahwa mereka senang mengenakan kebaya. Seharusnya wanita Indonesia bangga mengenakan kebaya, jangan sampai nantinya di klaim negara lain,” imbuhnya.

Ia berharap kedepan kebaya ini dapat menjadi busana wajib baik disekolah, instansi maupun lembaga-lembaga sehingga tidak hanya dikenakan saat kondangan atau even resmi saja.(jwn5)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *