Polresta Surakarta Ungkap 139 Kasus Narkoba Selama 2019

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Satuan Narkoba Polres Kota Surakarta selama 2019 mengungkap sebanyak 139 kasus dengan mengamankan 149 pelaku atau meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Satuan Narkoba Polresta Surakarta Kompol Sugiyo di Solo, Kamis (19/12), menyebutkan dari 149 pelaku yang diamankan dan menjalani proses hukum tersebut terdiri atas 34 orang sebagai pengedar, 45 kurir, dan 70 pengguna obat terlarang.

Bacaan Lainnya

Menurut Sugiyo, Satuan Narkoba Polresta Surakarta pada tahun 2018 mengungkap 118 kasus dengan mengamankan sebanyak 140 pelaku.

“Pada tahun ini, mengalami peningkatan 21 kasus dan pelaku empat orang dari data pada tahun 2018,” kata Kompol Sugiyo.

Barang bukti narkoba pada tahun ini yang disita sebanyak 350 gram sabu-sabu,15 gram daun ganja kering, 36 butir ekstasi, dan 5,7 kilogram tembakau gorila.

Barang bukti yang diamankan pada tahun 2018, lanjut dia, sebanyak 617,02 gram sabu-sabu, 26 butir ekstasi, 4 linting tembakau gorila/ganja. Barang bukti lainnya, sebanyak 35 unit sepeda motor, 94 telepon seluler, satu unit mobil, dan uang tunai Rp6,297 juta.

Ia memperkirakan peningkatan jumlah kasus narkoba tersebut salah satunya karena hukuman yang dijatuhkan terhadap pelaku kurang maksimal sehingga mereka terus mengulang perbuatannya dengan kasus yang sama.

Guna mengantisipasi peredaran kasus narkoba di Solo, pihaknya meningkatkan kegiatan razia, terutama di tempat-tempat hiburan malam, dan operasi di sejumlah indekos di kota ini.

Wakil Kepala Polresta Surakarta AKBP Iwan Saktiadi menyebutkan sebanyak 149 tersangka yang diamankan oleh petugas, sembilan orang di antaranya masih dalam pemeriksaan oleh penyidik Satnarkoba Polresta Surakarta.

“Sembilan pelaku penyalahgunaan narkoba ini ditangkap pada bulan Desember ini, atau menjelang Natal. Barang bukti yang diamankan sebanyak 26,63 sabu-sabu,” katanya.

Polresta Surakarta terus tidak henti-hentinya mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba guna menjaga iklim kondusif di Solo.

“Tidak hanya menjelang perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru 2020,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *