Polda Jateng Berikan Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis

  • Whatsapp
BHAKTI SOSIAL - Polda Jateng mengadakan bhakti sosial kesehatan.

SEMARANG, Jowonews.com – Polda Jawa Tengah melalui RS Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin Biddokkes Polda Jateng menggelar kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan berupa Operasi Katarak dan Operasi Bibir Sumbing gratis bagi masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya. Dalam kegiatan kali ini ada 63 pasien katarak dan 17 bibir sumbing.

Kabid Dokkes Polda Jateng, Kombes Pol dr. Tri Yuwono Putra mengatakan mengatakan bahwa untuk kegiatan Bhakti Kesehatan sebenarnya banyak seperti penyuluhan gizi, donor darah, sunat masal akan tetapi kali ini pihaknya memilih mengadakan operasi katarak dan bibir sumbing gratis. Tujuannya tentu untuk mendekatkan Polri kepada masyarakat supaya paradigma masyarakat yang selama ini menganggap tugas polisi hanya menangkap penjahat saja namun lebih dari itu Polri juga memiliki tugas berbhakti kepada masyarakat. Ia menambahkan ada 63 pasien operasi katarak dan 17 pasien operasi bibir sumbing, semuanya gratis termasuk rawat inapnya.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya untuk jumlah pasien lebih dari 63 dan juga 17 akan tetapi banyak dari mereka tidak memenuhi syarat semisal berat badan, kondisi kesehatan tidak stabil, usia belum memenuhi syarat terutama untuk operasi bibir sumbing. Harapannya dengan kegiatan ini Polri semakin dekat dengan masyarakat, semoga yang menjalani operasi cepat pulih serta mendapatkan kesehatan sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar F Sutisna menambahkan pihaknya sangat bersyukur atas hasil dari kegiatan tersebut karena beberapa pasien yang telah menjalani operasi katarak merasakan hasil yang luar biasa dimana yang awalnya tidak bisa melihat dengan jelas setelah menjalani operasi mengaku penglihatannya sangat baik. Artinya apa yang telah dilakukan oleh Tim Biddokkes Polda Jateng berhasil dan menurutnya itu harus disyukuri. Selain itu Kombes Pol Iskandar mengajak masyarakat yang merasa membutuhkan bantuan untuk operasi katarak maupun bibir sumbing dapat mengajukan diri selama ke RS Bhayangkara Semarang maupun ke Polres terdekat dengan catatan jika kuota masih ada karena dari beberapa pasien yang sudah mengajukan belum tentu dapat dilakukan tindakan karena belum memenuhi syarat.

“Kami Polda Jawa Tengah sangat bersyukur atas hasil Bhakti Sosial Kesehatan yang dilakukan Biddokkes Polda Jateng karena dari para pasien yang sudah dilakukan tindakan mengaku ada hasil yang signifikan. Kami juga mengajak masyarakat yang ingin dibantu dapat menghubungi RS Bhayangkara Semarang maupun Polres terdekat,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pasien Operasi Katarak yakni Karminah (50) dari Purwodadi mengatakan bahwa dirinya sudah dua bulan mengalami katarak, matanya tidak dapat melihat dengan jelas namun setelah mata kirinya di operasi ia mengaku penglihatannya sudah kembali normal. Pada Kamis (13/2) ia kembali menjalani Operasi Katarak kembali untuk mata kanan di RS Bhayangkara Semarang. Ia sangat berterima kasih karena sudah dibantu oleh Polda Jawa Tengah karena semua biaya operasi ditanggung apalagi hasilnya ia dapat kembali melihat.

“Alhamdulillah sekarang mata kanan saya sudah jelas, tadinya untuk jalan susah karena tidak bisa melihat tapi setelah di operasi mata saya kembali jelas. Sekarang tinggal yang kiri, saya berharap lancar. Terima kasih Polda Jawa Tengah yang sudah membantu,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh, Yiarnis warga Ungaran yang merupakan ibunda dari Citra Kirana Lestari. Balita 10 bulan tersebut adalah salah satu pasien bibir sumbing yang pada Jumat (14/2) akan dioperasi di RS Bhayangkara Semarang. Citra Kirana juga akan di operasi secara gratis dari Biddokkes Polda Jateng. Yiarnis mengatakan bahwa jauh sebelumnya ia memang sudah punya niat untuk mengoperasi bibir sumbjng putrinya akan tetapi lantaran keterbatasan biaya niat itupun urung dilakukan. Beberapa hari yang lalu ia mendengar akan ada operasi bibir sumbing gratis dari Polda Jateng maka secepatnya ia mendaftar dan alhamdulillah Citra Kirana setelah diperiksa menenuhi syarat.

“Kami sangat bersyukur dibantu oleh Polda Jateng, semoga besok operasinya lancar dan Citra Kirana bisa seperti balita lainnya. Kami ucapkan terima kasih untuk Polda Jateng untuk semua bantuannya,”ucapnya.(jwn5/akh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *