Angka Kemiskinan di Banjarnegara Terus Menurun

  • Whatsapp

BANJARNEGARA, Jowonews.com – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyebut angka kemiskinan di wilayah setempat terus mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir melalui berbagai program pembangunan, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi kerakyatan.

“Dengan mengutip data BPS dapat diketahui bahwa penduduk miskin di Kabupaten Banjarnegara terus mengalami penurunan sejak beberapa tahun terakhir,” katanya di Banjarnegara, Minggu.

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan pada 2019 angka kemiskinan di Banjarnegara sebesar 136.100 orang atau mengalami penurunan tajam dari 2018 yang 141.720 orang.

“Persentase penduduk miskin tahun 2018 masih 15,46 persen sementara di tahun 2019 turun jadi 14,76 persen,” katanya.

Bupati Budhi Sarwono berharap, pada 2020 angka kemiskinan juga akan mengalami penurunan.

“Harapan saya pada tahun 2020 ini jumlah penduduk miskin akan dapat berkurang lagi, dan kami akan berupaya mewujudkannya salah satunya dengan cara menambah alokasi dana untuk pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan pembangunan di wilayah setempat dengan memprioritaskan program infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi kerakyatan.

“Dengan demikian anggaran juga akan saya alokasikan untuk memperkuat prioritas tersebut, dengan demikian mungkin akan ada anggaran bidang lain yang mengalami pemangkasan,” kata dia.

Ia mencontohkan anggaran perjalanan dinas DPRD Banjarnegara, untuk kunjungan ke luar daerah, kemungkinan akan mengalami pemangkasan.

“Perjalanan dinas dimaksud adalah untuk kunjungan ke luar provinsi, ke daerah atau kabupaten lain, serta ke luar pulau,” katanya.

Kebijakan tersebut akan diawali pada APBD Perubahan 2020 sampai akhir masa jabatan bupati pada 2022.

Dia mengatakan dana kunjungan ke luar daerah tersebut akan dialihkan untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjarnegara. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *