JAKARTA, Jowonews.com — Pandemi global virus corona membuat dunia sepakbola berhenti berputar, sejumlah kompetisi besar Eropa dihentikan hingga April dan UEFA menunda Euro hingga musim panas tahun depan.

Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat melalui orang ke orang dan kontak dekat, membuat ofisial kesehatan mengapungkan social distancing – yang berarti pembatasan interaksi fisik seminimal mungkin – dan ini penting untuk menurunkan penyebaran.

Seiring dengan dihentikannya sementara sepakbola, sederet klub juga menutup komplek latihan mereka sehingga para pemain harus tinggal di rumah, mengisolasi diri dan karantina.

Apa yang dilakukan pesepakbola saat mengisolasi diri dan karantina?

Lionel Messi bertahan di rumah bersama anak-anaknya.

Superstar Barcelona tersebut memasang foto di Instagram bersama dua anaknya sambil menekankan soal wabah Covid-19 dan meminta semua orang untuk tinggal di rumah.

“Kesehatan adalah yang utama. Sekarang adalah momen penting dan kalian harus mengikuti instruksi otoritas kesehatan dan publik. Hanya dengan cara ini kita bisa memeranginya secara efektif,” tulisnya di Instagram.

“Sekarang saatnya untuk bertanggung jawab dan diam di rumah, ini juga jadi kesempatan sempurna untuk menikmati waktu bersama orang-orang terdekat Anda.”

Kapten Real Madrid Sergio Ramos membagikan video di Twitter saat menjaga kebugaran dengan berlari di treadmill dengan hashtag #TrainAtHome. Bomber Paris Saint-Germain dan Brasil Neymar mengunggah postingan serupa melalui Instagram Story dengan caption #CoronaOut.

Rekan satu tim Ramos, Karim Benzema, tetap berlatih di rumahnya, sementara bintang Juventus Douglas Costa sedikit mengubah cara bekerja dengan membiarkan anjingnya untuk berlatih bersama.

Penyerang Los Blancos Lucas Vazquez juga mendapat bantuan asisten, dia membagikan foto berlatih bersama anaknya yang masih kecil.

Alexis Sanchez memutuskan tidak ada kesempatan lebih baik untuk berbagi kegiatan dengan memperlihatkan caranya bekerja dengan anjing peliharaannya sekaligus menjelaskan kepada para penggemar jika dirinya terus bekerja di rumah.

Cristiano Ronaldo mengirimkan pesan melalui akun media sosialnya dengan meminta publik untuk mengikuti himbauan dari WHO (World Health Organization), dengan menuliskan: “Saya berbicara pada Anda bukan sebagai pesepakbola, tetapi sebagai seorang anak, ayah dan manusia yang merasa prihatin dengan perkembangan saat ini.”

“Sangat penting bagi kita untuk mengikuti himbauan WHO dan pemerintah tentang bagaimana kita menyikapi situasi sekarang.”

Striker Portugal tersebut kembali ke kampung halaman di Madeira dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Kiper Belgia dan Real Madrid Thibaut Coirtois yang pada awalnya sakit dan dikhawatirkan terkena Covid-19 namun hasil tesnya negatif, menyibukkan diri dengan menonton Netflix.

“Sangat membosankan. Saya mungkin melakukan hal yang sama dengan kebanyakan orang. Saya menonton Netflix, menonton televisi, membaca hal-hal random, apapun untuk menghabiskan waktu,” tuturnya.

“Saya menikmati film-film lama. Saya menonton ulang the Office pekan ini untuk ke-100 kali, Entourage, malam tadi saya menonton Castaway bersama istri, saya menonton beberapa film Star Wars, masih banyak judul lainnya yang harus dikejar.”

Bintang Liverpool Andy Robertson juga mengaku menghabiskan waktu karantina dengan menonton Star Wars, sementara Alex Oxlade Chamberlain memperlihatkan kreativitas bersama pacarnya Perrie Edwads dengan berbagi video melakukan tarian lucu di Instagram.

James Milner, di tengah-tengah tudingan dirinya sebagai salah satu pesepakbola paling membosankan di planet ini mencoba berubah dengan mengikuti gaya Oxlade-Chamberlain – dengan menghabiskan waktu isolasi mengurusi kantong teh. (jwn5)