Umat Budha Temanggung Rayakan Waisak di Vihara

  • Whatsapp
foto : Antara

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Umat Budha di Dusun Kemiri, Desa Getas, Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyambut detik-detik Waisak 2564 BE/2020 dengan melaksanakan puja bakti di Vihara Avalokitesvara dengan jumlah umat terbatas.

Sesepuh Wihara Avalokitesvara Suparmin di Temanggung, Kamis, mengatakan pelaksanaan detik-detik Waisak tahun ini tidak seperti biasa karena lagi pandemi virus korona (Covid-19).

“Biasanya kami mengikuti detik-detik Waisak di Candi Borobudur, namun tahun ini dilakukan di wihara dengan jumlah umat terbatas, hanya sekitar 10 persen dari jumlah umat di vihara ini yang mengikuti puja bakti,” katanya.

Ia menuturkan puja bakti ini dilaksanakan sederhana dengan jumlah umat terbatas sekitar 50 orang. Pelaksanaan puja bakti dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada, antara lain jaga jarak 1 meter antarumat dan juga mengenakan masker dan mencuci tangan.

Suparmin menyampaikan dalam puja bakti tadi juga mohon pada Tuhan YME semoga wabah Covid-19 segera sirna dari dunia ini sehingga nanti semua masyarakat, semua makhluk hidup dengan bahagia.

Waisak tahun ini dengan tema “Manfaat momentum Waisak untuk memajukan kesadaran Budha Dharma dan pencerahan serta mengembangkan kebijaksanaan”.

Menurut dia antusiasme umat sebetulnya berkeinginan untuk bersama-sama mengikuti puja bakti namun karena pandemi Covid-19 sehingga umat juga menyadari. Karena harus jaga jarak meskipun dengan jumlah umat terbatas terpaksa juga menggunakan gedung PAUD dan dapur yang ada di samping vihara untuk puja bakti.

Detik-detik Waisak yang berlangsung pukul 17.44 WIB ditandai dengan pemukulan lonceng. Sebelumnya umat melakukan puja bakti, dilanjutkan dengan pradaksina dan memandikan rupang Sang Budha.(jwn4/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *