Kamis (7/5) — Pesantren Kasepuhan Raden Rahmat Banyubiru bersinergi dengan Lazis Jateng mendistribusikan paket sembako, sayur, dan takjil. Kegiatan yang bertemakan “Menebar Berkah di tengah Wabah” ini dilakukan di Desa Gedong Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang, ditujukan kepada para lansia.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyemarakkan ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat di tengah wabah. “Acara yang biasanya diadakan ketika ramadhan di pesantren ini adalah Kajian dan Menghapaf Qur’an, serta Buka Puasa Bersama. Tapi, untuk menghindari kerumunan dan demi kemanfaatan menggapai Berkah Ramadhan di tengah wabah, acara dialihkan dengan kegiatan peduli sosial,” ungkap Winarno selaku Ketua yayasan pondok khusus lansia ini.

Winarno menyebut rangkaian acara dalam kegiatan tersebut, yakni berupa olahraga bersama untuk menyegarkan tubuh sebagai sarana menjaga imun. Kemudian dilanjutkan dengan pendistribusian sembako sembako, sayur, dan takjil, ke rumah masing-masing lansia penerima manfaat.

“Kegiatan ini adalah kolaborasi antara Pesantren Khusus Lansia Raden Rahmat, Lazis Jateng cabang Kabupaten Semarang, Sayur Barokah , dan Sego Jum’at. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinsos dan Komda Lansia Kabupaten Semarang serta Puskesmas Banyubiru,” papar Winarno.

Kegiatan yang turut dihadiri Serma Suliyan dari Kodim 0714 Salatiga dan M.Solihin dari Puskesmas Banyubiru diharapkan dapat membantu kebutuhan pokok para lansia yang semakin sulit di tengah wabah covid ini.

Selain kegiatan Peduli disaat Pandemi, Pesantren yang khusus menangani lansia ini sedang proses relokasi sarana prasarana santri dari rumah pinjaman warga ke lokasi tanah wakaf seluas 2.000 M2, dan saat ini sedang dimulai dengan membangun Sebuah Masjid untum tempat ibadah para santri Lansia.