Mengenal Billiard Sebagai Olahraga

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Olahraga billiard akhir-akhir ini diminati oleh banyak masyarakat Indonesia.

Mulai dari remaja hingga orang dewasa, mereka tampak senang memainkan olahraga yang memerlukan fokus tinggi ini.

Dengan harga rentalnya yang relatif murah membuat billiard mudah dimainkan oleh siapa saja, namun banyak juga yang belum tau betul cara bermainnya.

Bahkan ada yang merobek karpet area billiardnya, tentu suatu hal yang merugikan bagi sang pemilik maupun yang merobekannya karena dia harus ganti rugi.

Cara Bermain Billiard

Pertama belajar dulu deh cara pegang stik billiard yang benar agar kamu tepat mengenai bola yang dituju dan tidak mempuat karpet arena sobek.

Pegang stik dengan tangan yang terkuat, jika kamu terbiasa menggunakan tangan kanan atau tangan terkuatmu tangan kanan ya gunakan tangan kanan agar lebih nyaman.

Tentunya ada yang berbeda entah itu menggunakan tangan kanan atau kiri, yang penting adalah kamu bisa memegang stik dengan benar agar tidak menyusahkanmu.

Sudah tau bola mana yang akan disodok? baiknya kamu membidik target bola dengan cara membungkuk sebelum menyodoknya, dengan membungkuk akan membuatmu lebih fokus.

Dan tau juga kemungkinan yang terjadi apabila bola ini disodokkan ke bola tujuan, jangan sampai malah mengenai bola lain hanya karena kamu kurang jeli melihat celah.

Taruh tangan yang tidak memegang stik ke arena billiard, bentuk tangan membentuk huruf V jempol terpisah dengan jari lainnya, jepit ujung tongkat diantara telunjuk dan jempol.

Setelah itu sodok bola dengan tenaga yang pas dan sodok bola dengan rileks, jangan terlalu tegang.

Nah setelah belajar memegang stik billiard dengan baik, maka selanjutnya kamu akan belajar hal yang dibutuhkan untuk bermain billiard.

Hal yang Dibutuhkan Dalam Bermain Billiard

Yang dibutuhkan pertama adalah fokus, lihat saja turnamen resmi olahraga billiard, orangnya cenderung diam dan penonton juga diharapkan diam ketika pertandingan dimulai.

Karena olahraga ini memerlukan fokus yang tinggi, para pemainnya yang bertanding di turnamen bahkan sulit untuk tersenyum, sekali melakukan kesalahan maka lawan dengan mudah menjadi pemenang.

Tapi perlu diingat, dengan fokus tidak membuatmu malah tegang, nikmati permainan dan nilai jalannya permainan agar kamu bisa bermain dengan baik.

Ketegangan akan membuatmu serba salah dan akan merugikan dirimu sendiri, jadi bedakan ya fokus dan tegang.

Jaga keseimbangan ketika bermain billiard, meski terlihat seperti olahraga tangan namun keseimbangan badan harus diperhatikan dengan baik.

Agar ketika menyodok bola kamu benar-benar memberikan sodokan yang terbaik, tidak malah goyang-goyang ketika mau menyodok bola.

Sodok bola dengan kekuatan yang dibutuhkan, ketepatan dalam menyodok bola ini harus dilatih agar bisa menemukannya.

Jika menyodok bolamu terlalu pelan maka bola tidak akan sampai kepada yang dituju, maka lawan akan melanjutkan saja apa yang telah kau bangun itu, tentunya hal itu memudahkan lawan untuk memenangkan pertandingan.

Jika terlalu keras juga akan membuat bola tidak masuk dengan sempurna, atau ketika bola yang disodok masuk namun penempatan bola putih tidak seperti yang kita inginkan, jangan sampai terjadi ya!

Jenis permainan yang sering digunakan adalah ball-9, jenis ini cukup mudah dimengerti dan dimainkan.

Siapa yang memasukkan bola nomer 9 maka dia yang akan menang, namun ketika bermain kamu tidak boleh langsung mengincar nomer 9, kamu harus menyodok bola dengan nomer terkecil dahulu.

Bagaimana sudah mengerti cara bermain olahraga billiard? jika ingin tau lebih banyak mengenai olahraga silahkan kunjungi pemaincadangan.com disana kamu akan belajar olahraga mulai dari hal dasar hingga cara menjadi atlet profesional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *