SEMARANG, Jowonews.com — Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa sangat membantu ketika mengerjakan tugas. Membahas aplikasi yang bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan karya ilmiah, akan kurang pas jika tidak menyebut aplikasi mendeley.

Apa itu aplikasi mendeley?

Mendeley adalah sebuah aplikasi open source yang bisa membantu kalian untuk melakukan penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan menggunakan mendeley, kalian akan bisa membuat atau menambahkan daftar pustaka dengan mudah dan cepat.

Memang, bagi teman-teman yang sedang mengerjakan penulisan ilmiah baik itu berupa skripsi, thesis, disertasi, jurnal maupun buku sangat wajib sekali untuk mencantumkan daftar pustaka.

Jika kalian tidak ingin ribet saat membuat daftar pustaka, sangat direkomendasikan aplikasi ini. Selain itu, cara untuk menggunakan aplikasi Mendeley juga sangat mudah. Aplikasi ini bisa kalian download secara gratis melalui situs resminya.

Apa saja Fitur-fitur Mendeley?

Mendeley dikembangkan oleh Elsevier, aplikasi gratis ini punya banyak sekali fitur yang sangat bisa membantu kalian untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, berikut ini fitur-fiturnya:

• Melakukan ekstraksi informasi detail. Mulai dari nama penulis, judul, nama judul, dan lain sebagainya dari setiap referensi yang ditambahkan ke dalam Mendeley.

• Mencari referensi dengan keyword yang sudah ditambahkan sebelumnya ke akun Mendeley kalian. Tapi jika referensi belum tersimpan dalam akun Mendeley, Aplikasi ini akan mencari referensi secara online, tentu akses internet dibutuhkan.

• Membuat catatan tambahan dan menandai dokumen referensi yang dimiliki oleh pengguna.

• Membantu untuk membuat daftar pustaka secara otomatis dengan beberapa pilihan format seperti APA, Harvard, IEEE dsb.

• Melakukan pengacuan secara otomatis ketika menulis karya ilmiah di Microsoft Word.

Aplikasi Mendeley Kompatibel untuk?

Aplikasi Mendeley tidak hanya tersedia untuk PC bersistem operasi Windows dan Mac OS saja. Kalian yang menggunakan PC dengan OS Linux juga bisa menggunakan aplikasi Mendeley.

Aplikasi pembuat daftar pustaka ini juga bisa kalian install di smartphone Android dan juga IOS. Kalian tidak perlu merogoh kocek untuk mendownload Mendeley karena aplikasi ini gratis.

Untuk mendownload Mendeley, kalian pengguna PC (Windows, Linux dan Mac OS) bisa mengunjungi situs resminya yaitu mendeley.com.

Tapi jika kalian mengunakan smartphone Android, silahkan dapatkan aplikasi ini di Google Play. Sementara itu kalian yang menggunakan iPhone bisa mendownload Mendeley di app store.

Terjawab sudah pertanyaan tentang “Apa itu aplikasi mendeley?” yang membuat kalian membaca artikel kali ini. Terimakasih banyak sudah membaca, semoga Bermanfaat.