Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Halo Sobat, saat kecil pasti kamu sering mendengar bahwa kupu-kupu indah yang sering hinggap di jendela rumahmu itu dulunya adalah kepompong. Lalu kamu berpikir bagaimana bisa kepompong menjadi seekor kupu-kupu yang indah ini. Rasanya tidak mungkin, namun itulah kenyataannya. Pada dasarnya kupu-kupu melalui proses metamofosis untuk menjadi indah. Mari kita bahas apa itu metamorfosis dan bagaimana proses metamorfosis kupu-kupu. Simak baik baik ya sobat !

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis ialah sebuah proses biologis yang terjadi pada hewan (dilansir dari situs https://statmat.id). Proses biologis yang dimaksud adalah adanya perubahan fisik dan/atau perubahan struktur setelah kelahiran atau penetasan. Dan salah satu hewan yang melalui proses metamorfosis adalah kupu-kupu.

Lalu, Apa Itu Metamorfosis Kupu-Kupu ?

Metamorfosis kupu-kupu ialah proses perkembangan biologi kupu-kupu yang ditandai dengan pembentukan organ-organ tubuh kupu-kupu. Dibandingkan hewan yang bermetamorfosis lainnya, kupu-kupu mengalami proses metamorfosis yang cukup lama. Hewan ini harus melewati proses metamorfosis kupu-kupu yang dimulai dari telur – larva – kepompong – kupu-kupu.

Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

1. Telur

Pada tahap pertama, kupu-kupu dewasa akan meletakkan telurnya di daun atau ranting pohon. Proses penetasan telur tersebut biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari saja.

2. Larva (ulat)

Setelah 3-5 hari, telur tersebut akan menetaskan seekor larva atau ulat yang nantinya akan bertahan hidup dengan cara memakan daun-daun untuk mencapai pertumbuhan maksimal. Kemudian setelah pertumbuhannya dirasa maksimal, ulat tersebut akan berhenti makan dan mencari tempat untuk berubah menjadi kepompong.

3. Pupa (Kepompong)

Kepompong atau pupa biasanya akan menyempurnakan dirinya selama 7-20 hari. Proses ini akan berbeda-berbeda tergantung dari spesies kupu-kupu tersebut. Selam menjadi kepompong ulat tersebut tidak akan makan ataupun minum.

4. Imago (Kupu-Kupu)

Setelah mengalami proses yang cukup Panjang selama 7-20 hari, seekor kupu-kupu akan keluar dari kepompong dengan keadaan sayap yang masih keci, kusut, dan basah karna dilumuri cairan. Untuk membentuk sayapnya supaya lebih kuat, pertama-tama kupu-kupu akan mengeringkan sayapnya agar bisa berfungsi dengan normal. Kemudian kupu-kupu akan mencari makanan yaitu nektar bunga untuk menunjang pertumbuhannya. Imago adalah proses dimana kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu yang indah.

Nah sobat, itulah proses yang harus dilalui kupu-kupu untuk menjadi indah. Maka untuk kamu yang sedang melalui masa pertumbuhan, nikmatilah prosesnya maka suatu saat pun kamu akan menjadi indah seperti kupu-kupu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *