SEMARANG, Jowonews.com — Semarang adalah salah satu tempat tujuan wisata banyak orang. Selain wisata yang sudah terkenal seperti Lawang Sewu dan Simpang Lima, ternyata masih terdapat banyak tempat wisata salah satunya adalah Goa Tirta Mulya.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati Semarang dari pandangan yang berbeda. Anda akan disuguhkan pemandangan yang alami dan indah ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Uniknya, gua ini bukanlah gua sejarah yang terbentuk alami, melainkan gua buatan yang saat ini mulai dikenal oleh banyak orang. Dilansir dari pengindolan.com, simak berikut ini informasinya.

Lokasi

Goa Tirta Mulya berlokasi di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Alamat lengkapnya yaitu di Manggung, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Bagi wisatawan yang pergi dari arah Kota Semarang, Anda bisa menggunakan jalan tol dengan tujuan Ungaran atau Solo. Waktu tempuh perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih satu jam dalam kondisi lancar.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga tiket masuk Goa Tirta Mulya saat weekday yaitu Rp. 5.000 dan weekend adalah Rp. 10.000. Namun, sebelum itu Anda juga perlu membayar tiket masuk menuju kawasan Sidomukti sebesar Rp. 5.000 per orang.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Jam Buka

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Goa Tirta Mulya, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Tempat wisata ini dibuka setiap hari, dari Senin sampai Minggu.

Hari dan jam operasional objek wisata ini mengikuti waktu operasional Umbul Sidomukti dari pukul 08.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Fasilitas

Wisatawan bisa menikmati beberapa fasilitas yang terdapat di Goa Tirta Mulya yang terawat dan dikelola dengan baik. Beberapa fasilitas yang terdapat di sana, yaitu:

  • Musholla

Salah satu fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan, terutama wisatawan muslim adalah musholla. Oleh karena itu, setiap wisatawan bisa menikmati waktu liburan dan tidak meninggalkan kewajiban ibadah.

  • Toilet bersih

Toilet adalah salah satu fasilitas yang wajib ada di tempat wisata. Letak toilet di kawasan ini mudah dicari dan kondisinya juga bersih agar pengunjung merasa nyaman.

  • Parkir kendaraan

Sebagai tempat wisata yang sedang naik daun, Goa Tirta Mulya menyediakan tempat parkir yang luas untuk motor dan mobil. Fasilitas parkir juga dikelola dengan baik dan aman oleh pihak pengelola tempat wisata.

  • Tempat makan

Tepat di atas gua yang menakjubkan ini, terdapat tempat makan yang dikenal dengan nama Pondok Kopi. Di Pondok Kopi, Anda bisa menikmati berbagai macam menu lengkap, mulai dari makanan ringan hingga makanan yang mengenyangkan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dari ketinggian yang lebih terlihat memesona.

Goa Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya merupakan sebuah objek wisata berupa gua buatan yang dibangun dengan panjang 135 meter. Gua ini dibangun pada tahun 2009 dengan desain zaman dahulu yang membuat gua ini terlihat antik dan memiliki ciri khas tersendiri. Untuk mempermudah wisatawan, gua ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu di dalamnya.

Baca Juga: Villa Pondok Kopi

Ketika Anda akan memasuki gua, Anda akan melihat keindahan pohon bunga yang cantik dan merupakan salah satu spot favorit wisatawan. Saat Anda berjalan hingga ujung gua, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa jurang terjal. Namun, Anda tidak perlu takut, karena tempat tersebut sudah diberi pengaman berupa pagar pembatas. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin melihat keindahan alam lereng gunung Ungaran sekaligus mendapatkan foto yang menarik untuk media sosial